10 Cara Alami Meninggikan Badan dalam Waktu 1 Minggu

Memiliki postur tubuh yang tinggi semampai merupakan salah satu daya tarik seseorang. Tidak hanya menunjang penampilan, tinggi badan yang ideal juga dapat mempengaruhi karier anda. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara meninggikan badan secara alami namun dengan proses yang cepat. Umumnya, setelah melewati usia 15-16 tahun, tinggi badan seseorang tidak akan bisa bertambah secara instan. Akan tetapi, anda tidak perlu cemas. Sebab artikel ini akan membahas bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami dengan proses yang cepat.

1. Memperbaiki postur tubuh

Cara meninggikan badan dengan cepat dan alami yang pertama adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan duduk, berdiri, serta berjalan membungkuk secara tidak langsung dapat membuat postur tubuh anda terlihat pendek, lho. Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan memendek. Hal ini disebabkan karena menurunnya kepadatan tulang sehingga tubuh tidak lagi kuat menopang badan.

Memperbaiki postur tubuh dapat menyelaraskan tulang belakang sehingga anda akan terlihat lebih tinggi semampai. Anda juga dapat melakukan beberapa olahraga peninggi badan di rumah. Selain itu, lakukan konsultasi ke dokter atau instruktur senam guna membantu anda memperoleh olahraga yang tepat untuk memperbaiki postur tubuh.

2. Menjaga asupan nutrisi

Cara meninggikan badan selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi harian. Beberapa kandungan penting yang harus ada dalam makanan adalah protein, kalsium, vitamin D, dan zat besi. Protein berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan otot, tulang, kulit, dan gigi. Anda dapat memperoleh asupan protein dari daging sapi, ayam, telur, keju, susu kedelai, ikan, dan lain-lain.

Sementara itu zat besi mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi dapat diperoleh dari berbagai jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan kangkung. Serta beberapa bahan makanan lain, diantaranya hati sapi, daging bebek, ikan sarden, dan lain-lain.

Kalsium dan vitamin D juga merupakan nutrisi yang tidak boleh ketinggalan. Bahan-bahan seperti yoghurt, sumsum tulang sapi, sereal, tahu, tempe, kacang almond, dan lain-lain dapat mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D.

3. Peregangan

Melakukan gerakan peregangan merupakan salah satu olahraga peninggi badan alami. Gerakan ini dapat menarik tubuh dan meluruskan tulang belakang. Beberapa gerakan peregangan yang dapat anda lakukan diantaranya:

a. Sky Stretch
Anda hanya perlu berdiri lurus kemudian meregangkan tangan setinggi mungkin sampai jari-jari kaki anda berjinjit. Lakukan gerakan ini selama 10 detik, dan ulangi sebanyak 5 kali.
b. Leg Stretch
Duduk di lantai dengan posisi kaki lurus ke depan. Kemudian arahkan tangan anda untuk menjangkau jari-jari kaki tanpa membungkuk. Tahan posisi ini selama 10 detik. Kemudian ulangi sebanyak 5 kali.

4. Bermain Basket

Banyak orang percaya bahwa bermain basket merupakan salah satu cara meninggikan badan secara alami. Selain itu, rata-rata pemain basket memiliki tubuh yang tinggi. Saat bermain basket, tubuh anda akan lebih banyak berlari dan melompat melawan gaya gravitasi. Hal ini akan menyebabkan otot belakang dan tulang belakang merenggang secara sempurna.

5. Melakukan Yoga

Selain berfungsi sebagai meditasi dan relaksasi pikiran, olahraga yoga ternyata juga dapat dilakukan sebagai cara meninggikan badan. Gerakan yoga akan merangsang seluruh bagian tubuh sehingga otot menjadi lebih kuat. Anda dapat melakukan yoga dengan bergabung di tempat gym atau melakukannya sendiri di rumah. Banyak sekali video-video di internet yang dapat memandu anda untuk melakukan yoga.

6. Olahraga Renang

Cara meninggikan badan selanjutnya adalah dengan berenang. Olahraga yang satu ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu dan terbukti ampun meninggikan badan. Pada saat berenang, tubuh akan bergerak melawan arah gravitasi dan arus air. Sehingga otot akan semakin kuat. Selain itu, olahraga renang juga dapat membantu tubuh tetap tegak dan postur tubuh akan terlihat semakin tinggi semampai.

7. Lompat Tali

Hal terakhir yang dapat anda lakukan sebagai cara meninggikan badan adalah bermain lompat tali. Gerakan lompat tali akan menstimulus otot kaki sehingga tubuh akan semakin tinggi. Anda dapat melakukannya selama 15 menit setiap hari. Akan tetapi, jangan lupa melakukan pemanasan agar tubuh tidak tegang, ya!

Demikianlah beberapa cara meninggikan badan secara alami dan cepat yang dapat anda lakukan. Selain cara diatas, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Hindari begadang, makanan cepat saji, kebiasaan merokok, sampai konsumsi kafein secara berlebihan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!