10 Manfaat Kesehatan Olahraga Tenis Meja Bagi Anda

10 Manfaat Kesehatan Olahraga Tenis Meja Bagi Anda

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat menunjang kesehatan manusia. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur maka tubuh akan tetap fit dan bugar. Setiap cabang olahraga mempunyai manfaat masing-masing begitupun pada tenis meja. Jika Anda belum pernah mencoba olahraga tersebut, sebaiknya pertimbangkan 10 manfaatnya berikut yang sayang jika dilewatkan.

10 Manfaat Kesehatan Olahraga Tenis Meja Bagi Anda

 

  • Mengembangkan ketajaman mental

 

Olahraga ini membutuhkan tiga elemen penting yakni kecepatan, putaran dan penempatan bola. Pemain terlatih akan sangat terampil dalam menciptakan sekaligus memecahkan teka-teki yang melibatkan ketiganya.

 

  • Membakar kalori

 

Tentu saja setiap olahraga akan membakar kalori di dalam tubuh. Tenis meja dapat membakar 272 kalori selama satu jam. Mengingat fakta bahwa olahraga itu menghibur dan adiktif, itu bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk membakar kalori.

 

  • Meningkatkan refleks

 

Gerakan otot motorik dan otot halus akan membaik karena sifat olahraga jarak dekat ini cepat dan tepat. Perkembangan otot juga lebih cepat berkedut mengingat permainan ini dibedakan oleh semburan tenaga dan pemulihan.

 

  • Meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan

 

Olahraga ini mampu meningkatkan koordinasi mata-tangan bahkan merangsang kewaspadaan mental serta konsentrasi dan strategi taktis. Hal tersebut bisa mempertajam refleks kaum muda dan menyempurnakan taktik bagi orang tua.

 

  • Latihan terbaik untuk persendian

 

Tenis meja merupakan salah satu alternatif memperbaiki kekuatan kaki dan lengan Anda tanpa membebani sendi.

 

  • Menjaga agar otak Anda tetap tajam

 

Setelah serangkaian studi klinis awal di Jepang, Alzheimer’s Weekly menemukan bahwa tenis meja secara nyata meningkatkan aliran darah ke otak, dan bahkan dapat mencegah demensia.

 

  • Merangsang berbagai bagian otak yang berbeda

 

Korteks prefrontal digunakan pemain mengantisipasi tembakan lawan untuk perencanaan yang strategis. Aktivitas fisik permainan sama dengan latihan aerobik yang mampu merangsang hippocampus yakni bagian otak yang bertanggung jawab membentuk dan mempertahankan fakta serta peristiwa jangka panjang.

 

  • Meningkatkan koordinasi

 

Olahraga ini menuntut untuk selalu mengikuti bola pingpong saat bergerak cepat ke arah Anda dan mengikuti lintasannya saat lawan Anda menyentuhnya. Hal tersebutlah yang bisa membantu memperbaiki koordinasi tangan-mata.

 

  • Meningkatkan keseimbangan

 

Kunci sukses memenangkan olahraga ini ialah tetap seimbang dan bisa cepat berubah arah. Tetap seimbang meskipun cepat berubah arah sangat penting bagi lansia.

 

  • Sarana Bersosialisasi dan Memperbaiki Hubungan

 

Olahraga ini bisa menjadi sarana yang bagus untuk bergaul dengan orang lain saat Anda menurunkan berat badan. Terlepas dari usia baik muda maupun tua bisa memainkannya sehingga membantu memperbaiki komunikasi dan membangun hubungan. Anda juga bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga saat memainkannya di rumah dengan saudara kandung atau orang tua sehingga membawa anggota keluarga lebih dekat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply