10 Olahraga Ekstrem Paling Populer Dilakukan

10 Olahraga Ekstrem Paling Populer Dilakukan

Olahraga ekstrem mungkin menjadi cabang olahraga yang sepi peminat. Tak heran karena selain mempunyai risiko yang lebih tinggi, beberapa diantaranya memerlukan bantuan peralatan yang relatif mahal. Jenis-jenis olahraga ini sendiri banyak dan dapat dilakukan di darat, udara bahkan perairan. Jika Anda tertarik untuk mencoba sensasinya sekali seumur hidup, berikut jenis-jenis yang paling populer dan banyak dilakukan.

10 Olahraga Ekstrem Paling Populer Dilakukan

  1. Cave diving

Cave diving ialah menyelam dalam gua yang penuh air atau gua di dasar laut. Olahraga ini sering dilakukan dengan tujuan penyelidikan ilmiah, atau untuk pencarian para penyelam yang hilang saat menyelam.

  1. Skydiving

Skydiving merupakan olahraga berpindah dari titik tinggi ke bumi (daratan) dengan bantuan gravitasi yang melibatkan kontrol. Parasut yang digunakan untuk mendarat harus diperhitungkan ketepatan dan keamanannya. Jika tidak, risiko parasut tersebut bermasalah mencapai 85%.

  1. Bungee jumping

Olahraga ekstrem ini dilakukan menggunakan tali khusus yang lentur untuk melompat dari tempat yang tinggi. Biasanya tempat yang dipilih ialah bangunan atau infrastruktur tetap seperti gedung tinggi, jembatan atau Derek (crane).

  1. Snowboarding

Snowboarding ialah menuruni lereng tertutup salju dengan berdiri di atas papan salju yang menempel di kaki. Terdapat beberapa gaya yang masing-masing dilakukan dengan peralatan dan teknik khusus.

  1. Kite surfing

Kite surfing merupakan gabungan berbagai olahraga air meliputi boarding (wake dan snow), selancar dan selancar air, skateboard, paralayang dan senam menjadi satu kesatuan. Kegiatan dorongan yang dilakukan melintasi air memanfaatkan kekuatan angin dengan layang-layang bertenaga besar yang dapat dikontrol dengan melintasi air. Papan yang dipakai serupa dengan papan selancar kecil, dengan atau tanpa footstraps atau binding.

  1. Parkour

Modal olahraga ini ialah ketangkasan fisik tanpa alat bantu lainnya. Pada dasarnya olahraga ini ialah cara cepat dan efisien untuk melalui satu titik ke titik lain di lingkungan yang dipenuhi dengan rintangan tanpa peralatan bantu. Variasi gerakan parkour untuk melalui rintangan pada lintasan meliputi berlari, melompat, berguling memanjat, berkubah, berayun, dan gerakan lainnya yang dianggap paling sesuai.

  1. Auto racing

Indonesia mengenal Auto racing sebagai balap mobil. Olahraga ini memerlukan tempat khusus bernama sirkuit. Sedangkan yang tidak menggunakan sirkuit disebut reli.

  1. Balap sepeda motor

Konsepnya sama dengan auto racing namun menggunakan komponen utama sepeda motor. Kategori olahraga balap sepeda motor adalah road racing. Yang dilakukan baik di sirkuit atau jalan umum tertutup, dan juga track racing.

  1. Aggressive in-line skate

Olahraga ini mengharuskan pemainnya mengenakan sepatu roda yang dirancang khusus dengan fokus pada putaran. Rider biasanya melakukan beberapa triks seperti grinding dan sliding pada ujung-ujung bangunan, pagar atau pembatas jalan.

  1. Gantolle

Olahraga ekstrem yang terakhir adalah Gantolle. Ini adalah olahraga udara di mana pesawat terbang yang disebut glider hang meluncurkan pesawat terbang ringan tanpa motor dengan seorang pilot. Bahan yang paling modern untuk membuat glider gantung ialah paduan aluminium atau bingkai komposit ditutupi sailcloth sintetis untuk membentuk sayap. Dua komponen dasar yang digunakan adalah layang gantung (glider) dan segitiga pengontrol.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply