10 Tips dan Cara Olahraga Yang Aman Dan Tepat

Berolahraga secara teratur memiliki  banyak manfaat yang luas dan kesehatan fisik, emosional dan sosial. Anda perlu mengetahui tips dan cara olahraga yang   aman untuk tetap sehat dan bebas cedera. Jika itu aman dan tanpa rasa sakit, Anda harus tetap disiplin dalam mengikuti tata cara yang tepat dalam berolahraga itu! Keselamatan adalah tentang menggunakan akal sehat, memahami teknik dasar dan mendengarkan tubuh Anda.

Temui dokter Anda untuk cek-up sebelum memulai program aktivitas fisik. dokter, fisioterapis atau klub olahraga lokal dapat menawarkan tips tentang tetap aman saat berolahraga.

Berikut adalah beberapa tips dan cara olahraga untuk tetap aman dan bebas cedera:

   Menyadari tubuh Anda. Pikirkan tentang bagaimana latihan tertentu membuat Anda merasa damain dan nyama. Jika sesuatu tidak merasa benar, segera berhenti dan mencari nasihat medis. Jika anda menyadari tubuh anda merasa ada kendala segera berhenti dan istirahatlah sejenak. Untuk mengatur pernapasan. Segera minum air putih sebanyak-banyaknya.

   Pemanasan dan peregangan. Coba Anda melakukan peregangan sesaat saat hendak melakukan gerakan olahraga atau  sebelum memulai olahraga anda perlu melakukan pemanasan secara maksimal. Mendinginkan dengan lambat peregangan. Minimal 5 atau 10 menit sebelum berolahraga.

   Memiliki setidaknya satu hari dalam  seminggu untuk beristirahat. Jika Anda mengalami rasa sakit, sisanya sampai rasa sakit tersebut hilang

   Coba olahraga lainnya dan latihan untuk mengurangi risiko kelelahan dan kebosanan. Anda perlu refresh dengan mengganti jadwal olahraga yang baru.

   Jika sendi rawan cedera, pertimbangkan untuk melakukan pemanasan  sebelum berolahraga. Bahkan lebih baik, melihat ahli fisiologi olahraga atau fisioterapis untuk memperoleh program untuk memperkuat cedera Anda dan mendapatkan saran tentang teknik rekaman yang tepat. Agar cedera anda tidak menggangu kualitas olahraga anda

   Tetap terhidrasi. Anda dapat kehilangan sekitar satu setengah liter cairan setiap jam latihan; jadi minum air sebelum, selama dan setelah sesi olahraga Anda.

   Sadar Akan cuaca . Ambil lebih mudah dalam cuaca panas dan memakai pakaian dan tabir surya untuk melindungi diri dari unsur-unsur panas. Anda harus lebih menyadari cuaca di wilayah Anda tinggal.

   Kerjakan dengan benar. Cobalah untuk mendapatkan teknik yang tepat dari awal, untuk memastikan Anda menggunakan otot-otot Anda dengan benar dengan teknis gerakan cara olahraga yang benar dan tepat.

   Periksa perlatan Anda. Pastikan sepatu olahraga Anda dan peralatan lainnya benar dan tepat untuk kegiatan olahraga tersebut. Karena memakai peralatan olahraga yang layak dan memeriksanya secara teratur semua untuk keselamatan Anda saat berolahraga.

   Masuk akal berolahraga, terutama pada malam hari atau di daerah terpencil. Bawa teman atau keluarga  Anda, ketika Anda sedang berolahraga di luar rumah saat malam hari  dan memakai pakaian yang cerah atau cahaya-reflektif sehingga pengemudi dapat melihat Anda

.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply