Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat Digunakan untuk Lari

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ternyata menimbulkan reaksi tak terduga. Bila sebelumnya olahraga hanya sekedar pengisi waktu luang, kini olahraga menjadi gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan. Lari menjadi pilihan olahraga yang paling diminati, sebab tak harus mengeluarkan biaya mahal. Selain itu lari pun bisa dilakukan kapanpun, dengan track terpendek sampai terpanjang, asal mengenakan sepatu olahraga yang nyaman.

 

Sama dengan olahraga lainnya, lari pun membutuhkan perlengkapan pendukung yang tak boleh disepelekan. Memilih sepatu yang lengkap adalah modal utama bagi para pecinta lari, sebab dapat menghindari kemungkinan cedera. Untuk memilih sepatu ini sendiri bisa dibilang susah-susah gampang, terutama bagi wanita. Wanita umumnya tak hanya ingin sepatu yang nyaman, tetapi tetap terlihat fashionable saat dikenakan, tak peduli berapapun harga yang harus dibayarkan.

 

Untuk menjawab keinginan para wanita tersebut, sebenarnya ada beberapa tips mudah memilih sepatu lari yang nyaman dan tetap gaya, yakni:

 

Berventilasi

Layaknya sebuah rumah, sepatu olahraga pun harus memiliki sebuah ventilasi. Bagian ini memungkinkan pertukaran udara dari dalam dan luar sepatu. Mengenakan sepatu berventilasi dapat mencegah bau kaki karena keringat berlebihan saat berlari. Ventilasi pun mampu menyamankan kaki saat berlari atau berolahraga lainnya. Namun tetap pastikan hal pertama yang Anda pilih adalah tingkat kenyamanan sepatu saat dikenakan dalam waktu lama.

Baca Juga : Tips Memilih Alat Fitnes Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Bentuk kaki

Manusia dilahirkan dengan perbedaannya masing-masing, termasuk pada bentuk kaki. Ada sebagian besar orang yang memiliki bentuk kaki datar, adapula yang melengkung. Kebutuhan sepatunya tentu saja berbeda untuk setiap bentuk kaki, mengingat tingkat kenyamanan saat menggunakannya. Oleh karena itu, kenalilah bentuk kaki Anda sedari awal agar menemukan sepatu yang sesuai ukuran, tidak kebesaran ataupun kekecilan.

 

Warna dan model

Jika ingin tampil fashionable, pilihan warna dan model menjadi hal paling penting. Sudah banyak brand terkenal yang mengeluarkan sepatu dengan beragam model dan pilihan warna. Bukan hanya warna-warna netral, tetapi Anda pun dapat menemukan warna-warna mencolok. Pilihan model serta warna tersebut dapat menambah cantik tampilan Anda saat berolahraga. Tak terlalu terlihat sporty, Anda tetap terlihat modis ketika berlari ataupun senam.

 

Lentur

Guna menunjang aktivitas berolahraga, sepatu pastinya harus lentur saat dikenakan. Pasalnya beberapa jenis olahraga menuntut Anda bergerak cepat tanpa harus cedera. Cara menyiasatinya tentu saja dengan memilih sepatu olahraga yang memiliki tingkat kelenturan yang pas. Pada dasarnya tak sulit menemukan sepatu yang lentur, cukup lakukan pengetesan ringan. Cobalah Anda tekuk bagian sepatu, apakah langsung kembali atau membutuhkan waktu yang cukup lama. Bila bagian sepatu tak membutuhkan waktu lama untuk kembali ke bentuk awal, maka ini bisa jadi pilihan tepat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply