4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Senam Zumba  

4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Senam Zumba  

Kebanyakan diantara kaum hawa memang lebih menggemari olahraga seperti senam, jenis olahraga ritmik yang memadukan antara kecepatan respon tubuh dan juga skill dance. Jenisnya sendiri banyak mulai dari yang dasar seperti aerobik dan juga jenis yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini adalah senam zumba, jenis senam yang memadukan berbagai gerakan dance, sehingga bagi yang masih pemula terkadang kesulitan dalam mengikuti gerakannya, mengingat cukup cepat, namun justru inilah manfaatnya, membuat kalori dan juga lemak terbakar lebih cepat dan juga lebih menyenangkan untuk dilakukan.

 

Jenis olahraga yang satu ini juga memiliki banyak sekali penggemar, bukan hanya dari orang dewasa, melainkan juga anak-anak, karena aktivitasnya yang menyenangkan, namun terkadang bagi pemula sulit untuk dipelajari. Bahkan tak jarang setelah selesai melakukan sesi pertama senam ini untuk pemula akan mendapatkan tubuh terasa sangat sakit di beberapa bagian, karena memang gerakannya yang terbilang tinggi.

 

Tidak bisa sembarangan asal senam zumba saja, paling tidak lakukan beberapa langkah ini untuk persiapan Anda, diantaranya adalah:

 

  1. Makan terlebih dahulu menu makanan ringan, contohnya adalah roti atau sejenisnya, paling tidak makan kurang dari 2 jam sebelum melakukan senam, hal ini ditujukan agar perut Anda tidak sakit jika digunakan untuk olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi seperti Zumba ini, juga sebagai sumber tenaga untuk melakukan senam, hanya saja waktu benar-benar harus diatur.
  2. Minum air putih secukupnya, olahraga membuat cairan dalam tubuh hilang lebih cepat sehingga rentan terhadap resiko dehidrasi, salah satu cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air tersebut sebelum senam, paling tidak Anda harus minum terlebih dahulu air putih secara cukup, sehingga tidak mengalami dehidrasi berat setelah olahraga.
  3. Gunakan pakaian yang nyaman, karena aktivitas olahraga semacam senam menuntut Anda untuk melakukan gerakan yang aktif dan juga pembakaran kalori berlangsung lebih cepat tak jarang akan menyebabkan pakaian biasa mudah sekali rusak, seperti robek di beberapa bagian, untuk itu pastikan banyak mengenakan pakaian yang tepat, lentur dan juga menyerap keringat dengan baik.
  4. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, faktanya resiko cidera ketika melakukan olahraga yang satu ini terbilang sangat tinggi. Cidera ini disebabkan karena tubuh tidak siap untuk melakukan aktivitas yang berat secara mendadak, untuk itu cara mencegahnya adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Baca Juga : Sehatkan Badan Dengan Senam Zumba

Sebenarnya sedikit sekali hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menunjang olahraga tersebut, namun beberapa orang terkadang melupakannya, sehingga kegiatan tersebut menjadi kurang efektif hasilnya. Senam zumba ini nyatanya tak hanya cocok untuk kaum hawa saja, melainkan juga untuk para pria yang ingin mendapatkan tubuh lebih bugar dan juga turunkan berat badan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply