6 Jenis Sepeda Gunung Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

6 Jenis Sepeda Gunung Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Tingkat pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor di dalam negeri memang semakin tinggi dari waktu ke waktu, hal ini seolah menggeser pengguna sarana transportasi tradisional seperti sepeda. Namun faktanya sendiri meskipun sudah banyak yang beralih dari kendaraan roda dua tanpa mesin ini menuju motor, masih banyak juga masyarakat yang setia menggunakan sepeda, tentunya dengan fungsi khusus bukan sekedar untuk sarana transportasi biasa saja, melainkan lebih ditujukan untuk kebutuhan hobby, contohnya sendiri adalah sepeda gunung yang biasanya dipakai kala weekend untuk sekedar olahraga atau mungkin ikut dalam komunitas.

 6 Jenis Sepeda Gunung Beserta Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Model sepeda ini memang jadi yang paling laris manis di pasaran jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya, apalagi jika melihat dari segi tampilannya juga besar dan nyaman untuk dikendarai, model yang ergonomis seperti ini lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena memang lebih nyaman digunakan. Sepeda gunung di pasaran ragamnya dibagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah:

Baca Juga : Sehat Dengan Kayuh Sepeda Gunung Beberapa Kilometer

  1. Cross country, model yang satu ini termasuk serbaguna, karena dapat dipakai untuk medan apapun dan juga bobotnya yang ringan untuk dikendarai, sebagian diantaranya dilengkapi dengan suspensi di bagian depan, namun juga ada yang tidak bersuspensi sama sekali. Sepeda ingin juga di desain ringan kayuhannya sehingga dapat menjangkau jarak yang begitu jauh saat digunakan.
  2. Trail, model sepeda trail ini banyak dipilih oleh masyarakat karena memang nyaman digunakan dan juga dikontrol, sebenarnya model ini masih satu model dengan cross, hanya saja untuk bobotnya sedikit lebih berat, dapat digunakan tak hanya di medan offroad saja, melainkan juga onroad, cocok untuk melalui tanjakan atau kondisi medan yang curam.
  3. All mountain atau yang dikenal sebagai enduro, model ini biasanya digunakan untuk atraksi di atas bukit, karena bisa menuruni dan juga menaiki bukit secara nyaman. Seri tersebut juga dibuat secara lebih kuat menahan benturan yang besar untuk trek yang cukup berat, sehingga tetap nyaman dipakai, hanya saja dari segi bobotnya terbilang berat.
  4. Downhill, model downhill dirancang secara khusus untuk kebutuhan atraksi, biasanya ditujukan menuruni lereng bukit dengan kecepatan yang tinggi, daya tahan dari model sepeda yang satu ini nyatanya juga sangat baik dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya. model ini juga unik karena tidak dikayuh, melainkan didorong saja dan diangkut menggunakan mobil.
  5. Free ride, bagi yang senang dengan atraksi atau free style, maka bisa mempertimbangkan model satu ini, karena sangat nyaman ketika digunakan untuk bermanuver, umumnya dibuat untuk melakukan lompatan tinggi dan beberapa teknik ekstrim lainnya..
  6. Dirt jump, dirancang khusus seperti BMX yang dipakai untuk kebutuhan atraksi, ukurannya terbilang kecil dibandingkan dengan model sepeda gunung yang lainnya.

 

Jadi ingin pakai yang mana?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply