25 Jenis Olahraga Untuk Perkembangan Anak-anak

Beberapa anak-anak menemukan gairah mereka di awal kehidupan, apakah itu jenis olahraga yang mereka sukai, pelajaran sekolah atau bakat artistik. Beberapa mungkin tidak menemukan bahwa minat khusus sampai masa remaja atau dewasa atau bahkan sama sekali. Tetapi ketika Anda membantu anak Anda terhubung dengan sebuah olahraga bermain, Anda juga akan membantu dia meningkatkan kesehatan dan kebugaran, kepercayaan dirinya, dan bahkan mungkin penampilannya di sekolah merasa lebih percaya diri dan gesit. Orangtua patut mengikuti anaknya dalam perkembangan di awal kehidupan .

Memperkenalkan anak Anda untuk olahraga adalah cara yang sehat dan ramah untuk menjaga mereka aktif dan mengurangi risiko obesitas. Bila Anda memiliki anak-anak yang lebih kecil, di kisaran 1 sampai 3 tahun, paling tidak kenalkan pada olahraga tradisional pilihan anda – tapi Anda masih dapat melihat minat mereka dikemudian hari. Jalan, berayun atau bahkan jatuh adalah titik awal yang sempurna untuk kelompok usia balita tersebut. Jika Anak anda tidak suka olahraga, mungkin dia hanya belum menemukan waktu dan lingkungan yang tepat untuk memilih jenis olahraga yang mereka sukai  

Untuk mengidentifikasi aktivitas olahraga atau kebugaran mungkin dia akan menikmati, mulai dengan melihat orang lain terlebih dulu. Mereka akan membuat keputusan  yang besar untuk olahraga . Dan ingat, ada lebih banyak untuk aktivitas fisik daripada olahraga tim dan turnamen. Anak Anda mungkin lebih memilih mengejar individu, atau satu nonkompetitif.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut jenis-jenis olahraga yang pas dan cocok bagi awal perkembangan anak-anak Anda:

  1. Bola basket
  2. Sepakbola
  3. Voli konvensional / Voli Pantai
  4. Seni bela diri
  5. Golf
  6.  Hoki
  7.  Atletik
  8.  Baseball
  9. Bowling
  10. Polo Air
  11. Hoki
  12. Tenis
  13. Bulutangkis
  14. Lempat lembing
  15. Lompat tali
  16. Lari
  17. Berenang
  18. Lompat jauh
  19. limbo
  20. aerobik
  21. Fitnes
  22. yoga
  23. Futsal
  24. Tarik tambang
  25. Surfing

Anak-anak dari segala usia memerlukan aktivitas fisik. Bagi banyak orang, bermain olahraga yang terorganisir (seperti menjadi bagian dari sebuah tim sepak bola atau mengambil pelajaran senam) adalah cara yang menyenangkan untuk tetap aktif bagi pertumbuhan anak anda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga apapun, anak-anak membutuhkan keterampilan dasar tertentu. Dan beberapa keterampilan tergantung pada usia anak jenjang 3 s/d 6 tahun . Jika mereka tidak siap, anak-anak mungkin merasa frustrasi dan tidak ingin bermain sama sekali. Tapi nasehat Anda sebagai orangtua pasti akan didengar oleh anak-anak anda. Tenanglah, mereka cuma butuh waktu adaptasi terhadapat lingkungan olahraga yang anda pilih atau sesuai tergantung minat mereka. Sebagai anak-anak tumbuh, mempunyai dan memiliki potensi besar lagi kuat karena mereka suka berolahraga dari dini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply