3 Bentuk Latihan Dasar Smash Bola Voli

Salah satu teknik atau keahlian yang harus dimiliki oleh para pemain bola voli adalah smash. Smash merupakan salah satu cara untuk mendapatkan poin bagi tim yang dibela. Ketepatan dan kecepatan dalam melakukan smash dapat diraih jika terus menerus dilatih. Smash yang tepat adalah yang keras dan kuat sehingga dapat menyulitkan pihak lawan untuk menghalaunya. Untuk melatih ketepatan smash Anda dapat melakukan 3 bentuk latihan dasar seperti berikut ini:

3 Bentuk Latihan Dasar Smash Bola Voli

Melatih atau Memperpanjang Jangkauan Lompatan

Salah satu syarat untuk terciptanya smash yang sempurna adalah lompatan yang tinggi. Sehingga Anda harus melatih jangkauan lompatan dengan beberapa cara berikut. Sebelum memulai latihan, Anda harus memilih area atau tempat untuk berlatih dengan panjang 15 meter. Sebagai permulaan latihan posisikan kaki selebar bahu dengan lutut sedikit ditekuk dan posisi lengan berada di sisi tubuh.

Jauhkan kaki dengan kaki yang lainnya secara sejajar kemudian berjongkok. Selanjutnya ayunkan kedua lengan serentak sambil melompat. Posisi mendarat yang baik haruslah kedua kaki menapak tanah secara bersamaan dan seimbang dengan lebar bahu. Ulangilah gerakan latihan dasar smash bola voli ini secara terus menerus agar mendapatkan jangkauan lompatan yang panjang dan tinggi.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Durasi permainan bola voli yang cukup lama terlebih jika permainan berlangsung selama set mengharuskan pemainnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dengan daya tahan tubuh yang kuat dapat menunjang pukulan smash Anda. Latihan untuk memperkuat latihan dasar dapat dimulai dengan gerakan push up. Kunci posisi kaki selebar bahu, dengan posisi kepala, punggung dan kaki membentuk garis lurus.

Usahakan jangan sampai posisi pinggang merendah ataupun meninggi karena akan menggagalkan otot-otot yang akan dibentuk. Latihan untuk memperkuat daya tahan tubuh ini dapat dilakukan selama 30 sampai 45 detik. Jangan terlalu lama dalam melakukan latihan ini agar tidak menimbulkan cedera otot. Ketika daya tahan tubuh sudah membaik maka Anda dapat menambah durasi latihan sesuai aturan.

Meningkatkan Kekuatan Ayunan Bahu

Agar dapat menghasilkan pukulan smash yang kuat dan tajam tidak hanya otot perut dan kekuatan pinggang yang dilibatkan melainkan juga kekuatan ayunan bahu. Bahkan perlu diketahui bahwa kekuatan ayunan bahu menjadi salah satu faktor penentu terciptanya pukulan smash yang keras dan tajam.

Lakukan pemanasan pada bahu Anda dengan mengayunkannya sebanyak 10 kali ke depan serta 10 kali ke belakang. Setelah bahu sudah terasa panas dan ototnya sudah dirasa siap untuk melakukan latihan dapat melakukan gerakan ayunan tangan dengan diberi beban. Latihan beban ini dapat menggunakan barbel sederhana atau dengan botol minuman mineral yang berisi pasir. Lakukan latihan ini sebanyak 100 kali setiap latihan.

Semoga berbagai tips bermain bola voli di atas dapat membantu Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply