3 Gerakan dan Cara Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Setelah bekerja hampir seharian, tentunya badan Anda merasa pegal-pegal, belum lagi diselingi dengan beban kerja yang menumpuk. Untuk menghilangkan sejenak pegal-pegal dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Ada bagus Anda sebelum tidak melakukan gerakan dan cara olahraga ringan seperti yang kami uraikan di bawah ini. Olahraga sebelum tidur, ternyata banyak manfaatnya buat kualitas tidur Anda juga kesegaran Anda saat bangun.

Berikut 3 gerakan dan cara olahraga ringan sebelum tidur:

A.Gerakan Hands Interlocked Over Head

Gerakan Hands Interlocked Overhead, sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi pegal-pegal pada lengan maupun bahu Anda. Cara melakukan gerakan Hand Interlocked Overhead mula-mula Anda harus duduk secara tegak dengan kaki Anda bersila. Kaitkan jemari Anda di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas, kepala dalam posisi relaks dengan mata terpejam. Lalu setelah Anda merasa sudah menguasai ruang dan gerakan Anda, dorong tangan Anda pelan-pelan ke atas dengan bernapas sewajarnya (normal). Tahan posisi tadi, kurang lebih 10 detik. Anda bisa mengulangi gerakan Hand Intelocked Over Head sebanyak 3 kali. Anda bisa membuat olahraga ini menjadi lebih kreatif dengan mendorong tangan ke depan dada atau ke arah belakang, secara perlahan-lahan.

Baca Juga: 10 Tips Dan Cara Olahraga Yang Aman Dan Tepat

B.Gerakan Neck Stretch

Anda pasti tahu cara olahraga ini bekerja. Ya gerakan pada olahraga ringan Neck Strecth cukup mudah dan aman untuk dilakukan sendiri. Gerakan olahraga ini bisa menstabilkan otot-otot Anda yang tegang setelah seharian bekerja. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda duduk di tempat yang Anda rasa nyaman. Duduklah tegak. Biarkan kaki Anda relaks. Lalu kaki Anda posisikan dalam bersila. Lalu gunakan tangan kanan Anda untuk mendapatkan atau meraih ujung bagian atas telinga kiri. Lakukan tarik secara perlahan kepala Anda ke arah kanan dan nikmati prosesnya. Lakukan gerakan Neck Strecht sebanyak 3 kali pada sisi kanan dan kiri. Lalu Anda bisa membuat gerakan ini lebih kreatif dengan cara menunduk dan menengadahkan kepala, atau menolehkan kepala ke kanan dan kiri. Lakukan gerakan ini sekira sampai 15 menitan. Anda bisa merasakan peregangan pada otot leher Anda menjadi lebih enakan.

C.Gerakan Half Neck Rotation

Selain ada gerakan cara olahraga Neck Stretch Anda juga bisa melakukan gerakan ringan lainnya sebelum tidur yakni gerakan Half Neck Rotation. Caranya hampir sama, yakni Anda melakukannya dengan duduk secara tegak. Kaki relaks, bisa bersila. Setelah Anda merasa sudah rileks dan santai tubuh Anda. Miringkan kepala Anda ke sebelah kanan, lalu putar secara pelan-pelan, ke arah bawah sampai nyaris mengenai bahu kiri Anda. Anda bisa melakukan Half Neck Rotation  sebanyak 1-3 kali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply