3 Teknik Dasar Dalam Permainan Futsal yang Wajib Dikuasai Pemain

3 Teknik Dasar Dalam Permainan Futsal yang Wajib Dikuasai Pemain

Memang tak dapat dipungkiri bahwa futsal dan olahraga memiliki kesamaan. Baik dari segi teknik-teknik dasarnya dan lain sebagainya. Tetapi tentunya jika ditinjau dari lapangan, cabang olahraga ini lapangannya lebih kecil dari lapangan sepak bola. Tentunya, setiap pemain diwajibkan untuk memiliki kemampuan dan juga skill individu yang baik agar mampu menciptakan strategi dan beradaptasi dengan situasi lapangan yang ada. Maka dari itu beberapa teknik dasar berikut ini wajib dikuasai oleh para pemain, diantaranya:

3 Teknik Dasar Dalam Permainan Futsal yang Wajib Dikuasai Pemain

Teknik dasar passing

Teknik passing juga memiliki peranan yang sangat vital dalam permainan ini. Teknik ini biasa digunakan pemain untuk bisa mendominasi pertandingan dan membangun serangan. Cara melakukan passing yang tepat dalam olahraga futsal diantaranya bisa menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan bagian tumit.

Teknik dasar menahan bola

Teknik dasar menahan bola juga merupakan salah satu teknik lainnya yang wajib dimiliki dalam permainan futsal. Menahan bola atau controlling merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan yang digunakan oleh pemain untuk bisa menerima umpan dari rekan se-team dengan baik.  Cara mengontrol bola yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar, telapak kaki dan kaki bagian dalam. Anda juga bisa melakukan kontrol dengan menggunakan dada, paha atau anggota tubuh yang selain kecuali tangan. Namun cara mengontrol yang biasa digunakan yaitu dengan menggunakan telapak kaki.

Semakin baik kemampuan Anda menahan bola, maka akan semakin pendek jarak dari pantulan bola. Kalau bisa lekatkan bola sedekat mungkin dengan tubuh agar pihak lawan sulit untuk mencuri bola tersebut.  Adapun tips-tips yang harus dicermati ketika mengontrol bola yaitu:

  • Menjaga keseimbangan dengan baik
  • Mata fokus ke arah datangnya bola
  • Melakukan kontrol dengan menggunakan telapak kaki.

Teknik dasar bola lambung

Teknik ini hampir sama dengan teknik lainnya seperti passing, namun bedanya teknik yang satu ini dilakukan dengan menggunakan kaki bagian atas atau ujung sepatu dan ditendang hingga menggunakan bola bagian bawah. Biasanya teknik ini dilakukan untuk memberi umpan pada rekan satu tim dalam permainan futsal. Tidak hanya digunakan untuk memberi umpan, teknik ini juga bisa dilakukan untuk mengelabuhi pemain pada saat berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan. Menggunakan teknik ini, Anda juga bisa memasukkan bola ke gawang ketika berhadapan dengan kiper. Berikut ini cara untuk melakukan chipping:

  • Pastikan posisi bola ada di depan Anda
  • Menempatkan aki yang menjadi tumpuan tepat di samping bola
  • Kaki yang digunakan untuk menendang, ditarik ke belakang selanjutnya diayunkan ke depan
  • Menempatkan ujung kaki di bagian bawah bola
  • Mengayunkan bola dan mengangkatnya ke depan
  • Membiarkan kaki tetap bergerak mengayun ke depan mengikuti arah pergerakan bola.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply