4 Fakta Menarik Tentang Olahraga Tenis Meja yang Wajib Anda Ketahui

4 Fakta Menarik Tentang Olahraga Tenis Meja yang Wajib Anda Ketahui

Permainan tenis merupakan sebuah olahraga yang dimainkan dengan mengandalkan alat yang bernama raket dan bola kasti. Namun dalam perkembangannya kemudian muncul jenis lainnya yang dinamakan sebagai tenis meja, olahraga yang satu ini pada dasarnya hampir sama dengan tenis lapangan, hanya saja dalam bentuk atau ruang lingkup yang lebih kecil, dimainkan dalam sebuah lapangan berbentuk meja kecil, untuk raketnya sendiri juga diganti dengan jenis raket tangan kecil atau dikenal sebagai bat dan mengandalkan bola ping pong.

 4 Fakta Menarik Tentang Olahraga Tenis Meja yang Wajib Anda Ketahui

Tak kalah dibandingkan dengan tenis lapangan, nyatanya jenis permainan yang satu ini juga sangat digemari oleh masyarakat, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa karena memang begitu menyenangkan dan menyimpan segudang manfaat, baik itu manfaat untuk kesehatan maupun manfaat yang didapatkan untuk lingkungan sosial.

Namun apakah Anda sudah tau sederet fakta mengenai permainan yang satu ini, berikut ini diantaranya beberapa fakta menarik tentang olahraga tenis meja tersebut yang wajib diketahui, yaitu:

  1. Ini merupakan jenis permainan untuk kalangan atas, dulunya tenis yang dilakukan pada sebuah meja kecil tersebut layaknya sebuah golf, yaitu olahraga yang hanya bisa dimainkan oleh mereka kalangan atas saja, tepatnya adalah di abad 19 negara Inggris, dimana memang pertama kali dikembangkan olahraga yang satu ini, uniknya orang biasa atau kalangan menengah ke bawah tak bisa memainkannya, melainkan hanya mereka kalangan atau rakyat atas saja yang dapat bermain.
  2. Dulunya sarana yang dipakai dalam bermain adalah alat-alat yang sederhana, sebelum kemudian muncul alat atau saran bermain tenis ini yang banyak dijual di pasaran, maka di zaman dahulu dalam perkembangannya sarana yang dipakai untuk bermain adalah alat-alat sederhana, contohnya untuk net menggunakan susunan buku yang ditumpuk atau bola dibuat dari tutup botol gabus, sedangkan untuk bat memakai tutup kotak cerutu.
  3. Nama ping pong sebenarnya adalah merk dagang, sekarang ini jenis tenis yang dilakukan di atas meja tersebut juga lebih populer dengan nama ping pong, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya awal mula nama ini adalah sebuah merk dagang perusahaan yang ada di Inggris.
  4. Masuk ke Indonesia pada tahun 1930an, lalu kapan olahraga ping pong ii dikenal di dalam negeri, setidaknya sejak tahun 1930an, tahun 1939 didirikan sebuah organisasi PPSI atau Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai permainan tenis meja yang patut untuk Anda ketahui, olahraga yang satu ini bisa dipelajari secara mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan tenis lapangan, mengingat Anda tak butuh terlalu banyak bergerak seperti berlari dan sejenisnya untuk mengejar bola di lapangan yang luas, cukup di atas satu petak meja saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply