4 Jenis Olahraga untuk Wanita Hamil yang Membantu Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin

Fakta membuktikan bahwa selama masa kehamilan seorang wanita bisa tetap menikmati aktifitas olahraga, namun pastikan menentukan jenisnya dengan tepat. Ada beberapa olahraga untuk wanita hamil yang ketika rutin dilakukan akan berdampak baik bagi kesehatan ibu maupun janin. Sayangnya ada pula beberapa jenis olahraga yang ternyata wajib dijauhi ketika tubuh tengah berbadan dua, maka sebelum menikmati olahraga usahakan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda atau ke ibu bidan. Olahraga bagi ibu hamil bisa membantu menata posisi janin sekaligus melancarkan proses persalinan.

Jenis Olahraga Wanita yang Hamil

Selama masa kehamilan ibu bisa tetap bugar melalui kebiasaan olahraga tadi, maka minta saran atau masukan dari dokter kandungan. Supaya olahraga yang dipilih tepat dan bermanfaat, sementara itu secara umum beberapa jenis olahraga ini terbilang aman bagi ibu hamil:

  • Menikmati olahraga renang,

Berenang ternyata masuk ke dalam jenis olahraga yang terbilang aman dilakukan oleh ibu hamil, namun dengan gerakan yang ringan. Pilih gaya berenang yang tidak memerlukan energi besar sehingga kesehatan janin tetap aman. Kemudian batasi waktu berenang sebab bisa membuat ibu kedinginan jika berendam terlalu lama dan efeknya bagi janin pun kurang bagus.

  • Membiasakan diri berjalan kaki,

Berjalan kaki ternyata juga menjadi satu diantara beberapa jenis olahraga untuk wanita hamil, sehingga patut untuk dicoba. Apalagi kegiatan olahraga ini mudah, murah, dan tentunya tidak memiliki banyak resiko asalkan dilakukan dengan benar. Baiknya selama hamil kebiasaan berjalan dilakukan 30 menitan, itupun per tiga hari sekali yang nantinya bisa menyehatkan jantung bayi dan melancarkan persalinan. Sebab ketika ibu hamil terlalu banyak berjalan dikhawatirkan kaki membengkak dan membuat ibu kurang nyaman.

  • Melakukan senam atau gerakan kegel,

Kegel merupakan gerakan duduk atau berdiri dengan durasi pendek, umumnya sekitar 3-10 detik dan kehamilan pun semakin sehat. Senam kegel ini membantu melatih otot panggul agar lentur sehingga nantinya siap untuk proses persalinan. Selain itu senam dengan gerakan simpel ini juga bisa melatih otot rahim, kandung kemih, dan juga uretra. Ketika semua otot yang sangat berperan dalam persalinan lentur dan terlatih maka diharapkan proses persalinan nantinya tidak akan memakan waktu terlalu lama.

  • Menikmati aktifitas yoga,

Yoga menjadi alternatif terbaik untuk melatih ibu yang tengah hamil agar cerdas dalam mengatur emosi. Pasalnya selama hamil terutama di trimester pertama emosi ibu cenderung labil karena perubahan hormon dalam tubuh. Kemudian akan melonjak kembali ketika mendekati masa persalinan karena diserang rasa gugup sampai takut. Yoga membantu mengatur emosi dan menjadikan sistem pernafasan lebih teratur dan kuat. Pengaturan emosi dengan baik menjadikan kehamilan lebih sehat sehingga yoga menjadi olahraga untuk wanita hamil yang patut dilakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply