4 Manfaat Bagi Kesehatan dengan Mengikuti Latihan Pencak Silat

Pernahkah Anda berpikir untuk mengikuti latihan pencak silat? Jika memang merasa tertarik tidak ada salahnya mendaftar ke salah satu perguruan silat terdekat untuk belajar teknik beladiri tradisional ini. memang benar bahwa beladiri ini termasuk teknik beladiri tradisional karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Pertama kali tercetus untuk dijadikan sebagai alat melindungi diri dan melawan serangan penjajah, sehingga menjadi teknik beladiri dengan unsur sejarah yang tinggi. Bahkan beladiri ini masuk ke dalam olahraga resmi yang dipertandingkan dalam sebuah turnamen nasional dan internasional.

Manfaat Kesehatan Belajar Beladiri Satu Ini

Untuk belajar beladiri tradisional ini tentu mudah sebab di setiap daerah terdapat organisasi atau perguruan yang setiap tahun merekrut murid baru. Mempelajarinya bisa menjadi senjata untuk melindungi diri sekaligus membawa beberapa manfaat berikut bagi kesehatan:

  • Membantu melatih kekuatan otot,

Otot yang terlatih lewat beladiri tradisional ini memungkinkan untuk menjaga kesehatan dan melindungi diri dari kemungkinan obesitas. Pasalnya otot yang sudah terlatih akan mengalami peningkatan massa, sehingga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang terjaga baik membantu menjaga kebugaran serta membakar kalori berlebih secara cepat. Bagi yang berencana diet bisa mencoba beladiri satu ini.

  • Menjadikan organ jantung tetap sehat,

Bagi yang memiliki sistem cardiovascular yang lemah maka dianjurkan untuk mencoba mengikuti pelatihan pencak silat. Sebab masih termasuk jenis olahraga sekaligus membekali siapa saja dengan teknik mempertahankan diri sebagai senjata melindungi diri dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Seni beladiri satu ini ternyata mampu memperbaiki cardiovascular agar semakin kuat sehingga menghindarkan Anda dari resiko serangan jantung, sesak nafas, lesu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Dan Sejarah Dari Pencak Silat

  • Melatih kemampuan tubuh untuk meningkatkan refleks,

Beladiri satu ini perlahan akan melatih Anda untuk bergerak dengan gesit mengikuti alur gerakan atau kondisi di sekitar. Menangkis serangan lawan latihan menjadi sebuah keharusan dan perlahan akan lebih lihai bahkan ketika serangan belum mendekat ke badan atau wajah. Rupanya dengan refleks yang semakin membaik berdampak positif untuk keseharian, misalnya menjadi lebih lihai dalam mengemudikan mobil, berkendara motor, ataupun kondisi lain yang memerlukan tindakan cepat dan cerdas.

  • Pikiran yang menjadi lebih sehat,

Beladiri tradisional ini memungkinkan tubuh melakukan banyak gerakan sehingga masuk kategori latihan fisik. Selama latihan fisik berlangsung tubuh akan berkeringat dan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ini sudah dikenal luas sebagai hormon yang mampu memperbaiki suasana hati sehingga merasa lebih bahagia usai latihan. Perasaan bahagia ini akan membuat pikiran ringan dan mampu melupakan sejenak masalah yang dihadapi, bisa jadi usai latihan menemukan solusi atas masalah tersebut. Maka pertimbangkan untuk mengikuti pencak silat agar manfaat ini dikantongi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply