4 Manfaat Penting Olahraga Zumba Bagi Kesehatan

manfaat olahraga zumba

Olahraga zumba merupakan salah satu olahraga yang berasal dari Amerika. Olahraga ini terdiri dari 30% gerakan untuk fitnes dan juga 70% gerakan dansa. Manfaat dari olahraga yang satu ini begitu banyak karena ia dapat membakar hingga 1000 kalori/jam. Asal usul terciptanya olahraga ini ketika Alberto Beto seorang pelatih aerobik lupa untuk membawa kasetnya, namun ia membawa kaset yang bermusik beat dan terciptalah zumba dance ini. Zumba terkenal di Indonesia di tahun 2012. Seiring dengan berjalannya waktu zumba terpecah menjadi berbagai macam golongan. Lantas, apa sebenarnya manfaat dari olahraga yang satu ini?

Pertama, Anda dapat menggunakan zumba sebagai program diet. Seiring dengan perkembangan, tarian zumba yang setengah menari dan setengah fitnes ini tentu dapat membakar lemak dan kalori yang berada di dalam tubuh. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk program diet Anda secara sehat. Selain lebih menyenangkan, zumba bisa membuat berat badan turun hanya dalam beberapa minggu saja. Kalori yang berada di dalam tubuh Anda akan terbakar dengan perlahan, Anda bisa membandingkan berat badan Anda sebelum dan sesudah mengikuti senam zumba. Manfaat setelah Anda melakukan senam juga akan sangat terasa, Anda akan lebih bugar. Lemak pun akan hilang.

Manfaat lain dari olahraga zumba ialah, ia seperti obat anti stress. Banyak orang yang menuturkan bila senam zumba akan membuat orang merasa lebih bahagia. Dengan lagu tersebut, tubuh akan bergoyang dengan maksimal, anggota badan yang terasa capek akan hilang. Gerakan-gerakan dalam zumba juga menantang dan unik, sehingga tidak membuat pelakunya merasa putus asa. Kita akan dibuat melupakan masalah sejenak dan lebih terpacu pada zumba yang kita lakukan. Anda dapat melihat orang yang mengikuti tarian ini, pasti terlihat lebih gembira terlebih mendapati tubuhnya yang semakin seksi.

Manfaat yang lainnya, otot dapat menjadi lebih kencang. Mungkin Anda memiliki banyak otot yang mengendor. Ini dikarenakan otot-otot tersebut jarang sekali untuk digunakan, atau Anda terlalu sibuk terpacu dengan seluruh pekerjaan Anda. Bila didiamkan saja, otot-otot Anda akan lembek dan memiliki gundukan lemak, padahal setiap hari Anda memakan makanan dengan porsi yang berlebih, hal ini akan membuat Anda terlihat sangat gemuk. Biasanya gundukan lemak ini juga terdapat pada wanita sesudah melahirkan.

Manfaat dari olahraga zumba yang terakhir ialah, Anda akan terlihat lebih awet muda. Tari zumba akan membuat seluruh tubuh Anda bergerak, dari gerakan ini jantung akan berdetak dengan lebih cepat, dan peredaran darah Anda juga lancar. Hal ini akan membuat imunitas di tubuh Anda semakin meningkat, seperti olahraga lainnya, zumba akan merangsang hormon di dalam tubuh dan berpengaruh pada mood Anda, dan membuat lebih bahagia. Jika ini terjadi secara terus menerus Anda akan lebih nampak awet muda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply