4 Teknik Dasar Menendang Bola dalam Permainan Sepak Takraw

Bagi Anda yang menyukai kegiatan olahraga tentu mengenal beragam jenis atau bidang olahraga, dan salah satunya adalah sepak takraw. Olahraga satu ini menjadi jenis olahraga yang familiar bagi kalangan siswa suatu sekolah atau pada saat even olimpiade. Sebab secara umum tidak sedikit jumlah penyuka olahraga ini karena termasuk permainan, semacam sepak bola ataupun basket dan voli. Meski begitu bagi Anda yang menyukai jenis olahraga ini tentu punya alasan tersendiri dan mempelajarinya dengan serius supaya lihai.

Teknik Dasar dalam Olahraga Ini

Olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki ini dilakukan secara berkelompok sehingga masing-masing membentuk tim. Terdapat bola dari anyaman rotan yang saling dioper untuk menembus pertahanan area lawan yang dipisahkan oleh net atau jaring. Menikmati olahraga ini membuat Anda mengenal beberapa teknik dalam mengambil dan menyerang bola rotan. Berikut beberapa teknik dasarnya:

  • Teknik sepak kuda,

Sepak kuda menjadi teknik dasar dalam bermain olahraga jenis ini, ditunjukkan dengan gerakan memakai punggung kaki. Teknik dasar satu ini ditujukan untuk mengembalikan bola yang sudah di sepak oleh tim lawan. Sehingga tidak jatuh di area net sendiri yang berakibat pertambahan nilai bagi tim lawan.

  • Teknik sepak sila,

Teknik dasar lain di dalam permainan sepak takraw adalah sepak sila yang mempergunakan kaki bagian dalam untuk memainkan bola rotan. Gerakan atau teknik ini ditujukan untuk menerima bola yang digiring oleh tim sendiri ataupun mengumpan bola rotan tersebut kepada anggota tim sendiri. Tujuannya tentu saja mengarahkan bola kepada pemain penyerang yang nantinya bisa mencetak skor sehingga memperbesar peluang untuk memenangkan pertandingan, gerakannya sendiri wajib dipelajari untuk kelancaran permainan.

Baca Juga: Sepak Takraw? Seperti Apa Olahraga Ini?

  • Teknik sepak mula,

Sesuai dengan namanya, sepak mula ini dilakukan oleh salah satu anggota tim untuk menendang bola rotan dari luar area ke area dalam. Tendangan atau gerakan sepak mula ini menjadi tanda bahwa permainan takraw telah dimulai sehingga menjadi tendangan awal. Tekniknya sendiri simpel dan tidak memerlukan energi ekstra untuk melambungkan bola rotan karena umumnya akan dioper kepada anggota tim sendiri, selayaknya pada sepak bola dan juga voli.

  • Teknik menapak,

Menapak menjadi satu diantara teknik dasar dalam permainan takraw dan tentunya sangat wajib dikuasai oleh para pemain. Teknik ini memakai telapak kaki dan tidak diperlukan gerakan khusus pada saat melakukan smash ke area tim lawan. Penggunaan telapak kaki memungkinkan pemain untuk memberikan energi ekstra supaya smash yang dilancarkan keras. Tentunya akan membuahkan skor yang diinginkan oleh seluruh anggota tim, maka teknik ini pun menjadi wajib untuk dipelajari. Sebab tanpa teknik ini permainan sepak takraw cenderung sulit mencetak skor demi skor.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply