4 Tips Miliki Badan Sehat Selama Puasa

Tak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan ramadhan, dimana sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk menjalankan salah satu ibadahnya, yaitu puasa. Khususnya bagi yang sudah menginjak usia baligh baik itu wanita maupun laki-laki diwajibkan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Namun jangan khawatir karena Anda bisa tetap makan dan minum sepuasnya di malam hari ketika sahur dan juga berbuka. Bagi beberapa orang ibadah puasa ini menyebabkan badan menjadi selalu lemas. Padahal sebenarnya tidak, meskipun tidak makan dan minum namun badan sehat karena sebenarnya Anda masih memiliki cadangan makanan dalam tubuh.

Rahasia agar tubuh Anda tetap sehat meskipun tengah berpuasa sebenarnya sangatlah mudah, diantaranya adalah dengan:

  1. Perhatikan asupan makanan Anda ketika sahur, sahur menjadi saat dimana Anda harus mengisi tubuh dengan asupan energi yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas selama seharian, patut untuk diperhatikan jenis yang Anda makan saat sahur ini, hendaknya bukan makanan yang justru akan menguras energi Anda, seperti nasi goreng, melainkan lebih baik diganti dengan kacang-kacangan, bukan kafein melainkan justru susu dan tak kalah penting adalah buah dan sayur sehingga bisa membuat tubuh tampak lebih segar.
  2. Perhatikan tingkat aktivitas yang Anda lakukan, diantaranya olahraga, olahraga ini memang bisa membuat badan sehat, namun juga harus diketahui bahwa olahraga yang berlebihan agaknya justru akan membuat Anda mengalami kelelahan bahkan dehidrasi, sehingga bagi yang senang dengan olahraga berat seperti halnya senam, mulai dikurangi durasinya, sehingga tubuh tidak lemas selama menjalankan ibadah di bulan ramadhan tersebut.
  3. Tetap cukupi kebutuhan cairan tubuh, inilah yang sering kali dilupakan, karena sudah puasa makan asupan air mulai berkurang, padahal di saat inilah justru tubuh membutuhkan air secara cukup. Sehingga tidak mengalami dehidrasi ketika siang hari. Anda dapat membagi-baginya seperti konsumsi air putih 3 gelas ketika berbuka, ditambah dengan 2 gelas setelah sholat tarawih, 1 gelas di malam hari sebelum tidur dan 2 gelas lagi ketika Anda sahur.
  4. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan istirahat juga di siang hari, bagi Anda yang sekolah atau mungkin bekerja, tentunya ada jarak waktu istirahat ketika sudah memasuki siang hari, manfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena tidak makan siang maka bisa tidur, dengan tidur maka akan mengembalikan energi Anda jadi kian bugar ketika sudah memasuki sore hari.

Bagaimana sangat mudah bukan. Cukup dengan memperhatikan 4 hal tersebut, maka Anda akan merasakan badan sehat meskipun tengah dalam kondisi berpuasa, sehingga puasa bukan alasan Anda akan menjadi lemas karena tidak makan dan tidak minum.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply