5 Jenis Olahraga Ibu Hamil Ini Sangat Membantu Memperlancar Proses Persalinan

5 Jenis Olahraga Ibu Hamil Ini Sangat Membantu Memperlancar Proses Persalinan

Wanita yang tengah hamil pada dasarnya memang tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan atau rutinitas berat, namun tidak dengan olahraga, karena pada dasarnya aktivitas yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan juga janin yang ada dalam kandungan, namun juga harus pintar-pintar dalam memilih olahraga ibu hamil yang boleh untuk dilakukan, tidak boleh sembarangan jika tak ingin membahayakan janin yang sedang dikandung tersebut.

 5 Jenis Olahraga Ibu Hamil Ini Sangat Membantu Memperlancar Proses Persalinan

Beberapa jenis olahraga bahkan sebenarnya memiliki manfaat yang baik di dalam membantu untuk memperlancar persalinan secara normal nantinya, berikut ini yang patut untuk dicoba, yaitu: 

  1. Squat, squat untuk wanita yang sedang hamil tak perlu dilakukan dengan lompatan, melainkan cukup dengan jongkok kemudian berdiri, begitu seterusnya, dilakukan dengan perlahan saja, gerakan semacam ini ternyata begitu efektif di dalam memperlancar proses persalinan secara normal kedepannya.
  2. Jalan kaki, memasuki usia kehamilan sekitar trimester 3, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga ibu hamil yang satu ini, mengapa demikian? Karena dengan berjalan-jalan nantinya akan sangat membantu agar janin atau bayi dalam kandungan posisinya nanti dapat berputar sesuai dengan kelahiran normal, yaitu kepala ada di bagian bawah sedangkan kaki di bagian atas, sehingga kepala dapat keluar terlebih dahulu, tidak sungsang.
  3. Senam kegel, ini adalah bentuk senam yang tidak perlu memakai kekuatan seluruh anggota tubuh, melainkan cukup dengan kekuatan otot panggul saja, cara kerjanya juga sangat mudah, diantaranya adalah cukup dengan membuat gerakan seperti menahan untuk buang air kecil, kemudian lepaskan dan coba ulangi gerakan yang sama sampai beberapa menit. Kondisi semacam ini bisa sangat membantu ketika kontraksi dan proses keluarnya bayi nantinya.
  4. Yoga, bagi wanita hamil khususnya yang memang sudah memasuki kehamilan tua, maka sangat penting untuk melatih fisik dan juga mental ini dengan melakukan olahraga seperti yoga, karena manfaatnya juga dapat menenangkan pikiran. Yoga ini sangat membantu untuk relaksasi juga membuat mental lebih siap menghadapi masa persalinan.
  5. Lunges, gerakan olahraga yang satu ini hampir mirip dengan yoga, diantaranya adalah dengan merentangkan satu kaki, kemudian menekuk bagian kaki yang lainnya, posisi atau olahraga yang satu ini nantinya akan sangat membantu di dalam memperbaiki posisi rahim, sehingga lebih siap di dalam menghadapi masa persalinan nantinya.

Bisa dicoba sendiri di rumah, memasuki usia kehamilan yang semakin tua olahraga memang kian disarankan, namun jenis yang ringan-ringan saja agar nantinya persalinan bisa berjalan secara lebih lancar atau normal. Olahraga ibu hamil tersebut agaknya juga dapat dilakukan sambil bersantai di rumah, misalnya ketika akan tidur atau saat menonton TV.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply