5 Olahraga Unik yang Ada Dalam Kompetisi Dunia

5 Olahraga Unik yang Ada Dalam Kompetisi Dunia

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan yang harus rutin dilakukan guna mendapatkan tubuh yang sehat, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Selain dapat dijadikan sebagai hobi, kegiatan ini dapat menghasilkan prestasi hingga tingkat internasional. Terdapat berbagai jenis olahraga yang dipertandingankan seperti sepakbola, renang, lari, bulutangkis bahkan beberapa olahraga unik yang mungkin hanya sekedar untuk olahraga santai. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.

5 Olahraga Unik yang Ada Dalam Kompetisi Dunia

Trampolin

Jika mendengar kata trampolin mungkin di benak Anda tampak seorang anak yang sedang melompat-lompat dan bersenang-senang saja. Namun mulai tahun 2000, kegiatan ini masuk dalam cabang olahraga senam artistik dan diikutsertakan dalam olimpiade. Penilaian untuk para peserta yakni berdasarkan teknik presisi, kesulitan gerakan dan eksekusinya. Termasuk olahraga unik dan menyenangkan bukan?

Balap Jalan

Jalan kaki tidak hanya sekedar olahraga santai yang dapat dilakukan oleh siapa saja, namun olahraga ini tergolong dalam olahraga unik yang diperlombakan dalam olimpiade. Kompetisi yang diadakan adalah jalan kaki cepat dengan aturan yang ketat karena lomba ini mirip seperti lomba lari jika tidak diperhatikan dengan seksama. Olahraga ini mulai dilombakan pada tahun 1904. Bagi Anda yang tekun dan bersungguh-sungguh berlatih dalam melakukan jenis olahraga ini dapat mengikuti perlombaannya.

Sambo

Cabang olahraga bela diri yang termasuk dalam olahraga unik adalah Sambo. Olahraga ini juga diikutsertakan dalam olimpiade. Seni bela diri asal Rusia ini dulunya digunakan oleh para tentara Uni Soviet guna meningkatkan kemampuan bertarung. Nama lain dari olahraga ini adalah SA Mozashchita Bez Oruzhiya yang berarti “pertahanan diri tanpa senjata”. Pada tahun 2018 ini, Sambo juga masuk dalam olahraga yang diperlombakan di Asian Games 2018

Kabaddi

Olahraga unik lainnya yang ikut dalam kompetisi dunia adalah Kabaddi. Olahraga kontak tubuh ini merupakan olahraga nasional Bangladesh dan berasal dari India. Aturan permainannya yakni terdiri dari 2 tim yang beranggotakan 7 orang pada masing-masing tim. Sedangkan untuk cara bermainnya adalah salah satu penyerang berlari ke tengah area lawan kemudian menyentuh para pemain tim nya sendiri sebanyak-banyaknya dan kembali ke tim sendiri tanpa dijatuhkan oleh lawan. Apakah menurut Anda mirip dengan permainan Gobak Sodor asal Indonesia? Selain itu olahraga ini sudah masuk dalam kompetisi Asian Games sejak tahun 1990 hingga sekarang.

Steeplechase

Kategori perlombaan olahraga unik yang dapat diikuti oleh para atlit adalah Steeplechase. Olahraga ini adalah perlombaan melewati halang rintang layaknya latihan berkuda. Jenis olahraga ini termasuk kategori lari halang rintang dengan jarak 3000 meter dan tergolong perlombaan halang rintang dengan jarak terjauh. Rintangan pada perlombaan memiliki beragam variasi, salah satunya yaitu adanya genangan air cukup besar pada beberapa rintangan. Cukup unik dan menarik bukan?

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply