5 Panduan Memilih Raket Badminton untuk Pemula

5 Panduan Memilih Raket Badminton untuk Pemula

Berbicara mengenai olahraga bulu tangkis atau badminton, maka salah satu atribut penting yang harus Anda miliki untuk memainkannya adalah raket, ini adalah pegangan yang sangat penting bagi pemain bulu tangkis, bahkan mereka memiliki racket andalannya sendiri yang nantinya akan dibawa untuk bermain pada pertandingan besar, bagaimana dengan Anda? Apakah juga memiliki racket kesayangan di rumah. Jika belum maka tak perlu khawatir karena sarana tersebut bukan hal yang sulit didapatkan di pasaran.

5 Panduan Memilih Raket Badminton untuk Pemula 

Faktanya sendiri memang produk semacam ini sangat banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk Anda. Namun juga jangan asal dalam menjatuhkan pilihan, karena belum tentu yang harganya murah tersebut memiliki kualitas bagus sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips yang harus Anda terapkan dalam memilih yang terbaik, yaitu: 

  1. Bobot, berat dari raket ini berbeda-beda ada yang memang dijual dengan bobot ringan, namun banyak pula yang dijual dengan bobot berat, umumnya menyesuaikan dengan usia pemain dan juga kenyamanan mereka sendiri, belum tentu yang memiliki bobot ringan terkadang akan terasa nyaman digunakan oleh satu pemain badminton, untuk itu sebaiknya dicoba terlebih dahulu.
  2. Tingkat kelenturan, berbicara mengenai kualitas dari rangka racket tersebut, maka harus tau mengenai tingkat kelenturannya terlebih dahulu, ada beberapa produk yang memiliki tingkat kelenturan sangat rendah atau buruk, sehingga memungkinkannya mudah patah ketika dipakai untuk jenis permainan yang keras, kurang nyaman dipakai untuk teknik smash, berbeda halnya dengan yang lentur.
  3. Gaya bermain, setiap pemain badminton memiliki gaya permainan yang berbeda-beda, ada diantaranya yang memang lebih sering menyerang dibandingkan dengan bertahan. Namun juga ada yang lebih memilih kombinasi dari kedua jenis gaya bermain tersebut, yaitu menyerang dan juga bertahan. Hal ini nyatanya juga sangat menentukan jenis racket yang cocok untuk dibeli.
  4. Pegangan tangan, istilah lainnya adalah handgrip, ini juga termasuk bagian yang sangat penting karena difungsikan sebagai sarana utama dalam menjaga kenyamanan tangan ketika tengah bermain. Sebaiknya belilah handgrip yang lentur dan lembut, sehingga nyaman dipakai untuk waktu yang lama, hindari bahan yang juga memungkinkan tangan jadi lebih cepat berkeringat.
  5. Bentuk frame atau bentuk kepala dari racket tersebut, ada racket yang memiliki bentuk kepala oval, namun juga ada yang isometric. Biasanya bentuk kepala ini juga akan sangat mempengaruhi tenaga yang dipakai untuk menyerang ketika tengah bermain.

Pastikan untuk pilah-pilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak kalah penting mempertimbangkan merk raket tersebut, karena brand selalu berhubungan dengan kualitas produk. Carilah yang benar-benar bagus dan nyaman digunakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply