5 Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Lari termasuk dalam olahraga yang paling mudah untuk dilakukan bahkan juga digemari oleh siapa saja, bukan hanya kaum adam saja, melainkan juga kaum hawa. Mereka melakukannya di tengah-tengah waktu senggang, biasanya adalah weekend sambil menikmati suasana pagi yang masih belum banyak polusi, atau bahkan Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk juga tetap bisa melakukan olahraga lari ini secara mudah, salah satunya adalah dengan mengandalkan alat khusus yang dinamakan sebagai tread mill. Alat yang satu ini bekerja untuk membantu Anda lari, tanpa harus berpindah lokasi kemanapun.

Meskipun hanya sekedar lari, namun agaknya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga jantung tetap sehat, kemudian juga dapat merontokkan lemak yang ada di tubuh Anda sehingga bis a jadi kian langsing, cocok bagi yang tengah menjalankan program diet, cukup dengan 15 menit saja setiap harinya akan memberikan manfaat yang sangat nyata bagi tubuh Anda.

Tentunya olahraga lari ini juga memiliki resiko-resiko semacam cidera, untuk menghindarinya, maka ketahui beberapa persiapan berikut ini sebelum melakukan kegiatan sehat tersebut, diantaranya adalah:

  1. Gunakan sepatu lari khusus, salah satu yang sering kali dilupakan oleh orang-orang yang akan melakukan olahraga satu ini memang dari perlengkapan yang akan dipakai, mereka hanya mengandalkan sepatu atau sandal seadanya, sehingga pada beberapa kondisi tempat atau lingkungan tidak memungkinkan untuk menapak tanah secara nyaman, akhirnya menyebabkan keseimbangan terganggu hingga resiko jatuh. Jadi pastikan Anda memiliki sepatunya.

    Baca Juga: Manfaat Olahraga Lari

  2. Lakukan pemanasan, hal sederhana namun juga sering kali dilupakan, pemanasan ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kram atau bahkan resiko cidera yang lainnya, karena otot masih berada dalam kondisi yang kaku, belum siap untuk digerakkan, lakukan pemanasan tidak terlalu lama, paling hanya selama 5 menit saja.
  3. Pastikan untuk mengisi asupan energi terlebih dahulu, namun perhatikan waktu dan juga jumlahnya, pastikan untuk makan minimal 1 jam sebelum Anda melakukan olahraga tersebut, sehingga nantinya makanan sudah terserap masuk ke dalam tubuh, jangan makan dekat-dekat waktu ketika Anda akan olahraga, hanya membuat perut menjadi sakit, jenisnya sendiri juga bukan yang berat seperti halnya nasi cukup roti atau bisa oats.
  4. Ketahui lintasannya, bagi yang senang olahraga di luar ruangan atau taman misalnya, maka ketahui kondisi lantaran olahraga tersebut, jangan sampai melalui tempat-tempat yang berbahaya dan juga kondisinya berair, karena akan sangat banyak ketika dilewati.
  5. Anda sebaiknya jangan lari terburu-buru, ini juga memungkinkan resiko cidera lebih tinggi, nikmati saja kegiatan tersebut.

Olahraga lari ini masuk dalam yang paling mudah untuk dilakukan, namun banyak manfaatnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply