5 Pilihan Olahraga untuk Wanita Hamil yang Bagus untuk Kesehatan

Selama masa kehamilan maka wanita akan menjadi mudah lelah, karena memang organ tubuh mereka bekerja 2 kali lipat jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk itulah kebanyakan diantara wanita yang tengah mengandung disarankan untuk mengurangi aktivitas berat. Hanya saja banyak diantaranya yang memang mengurangi aktivitas, namun ternyata memperbanyak waktu mereka untuk tidur, efeknya justru tidak baik bagi kesehatan Anda. Ada beberapa jenis olahraga untuk wanita hamil yang dianjurkan untuk dilakukan.

Dengan berolahraga setidaknya ada manfaat yang bisa Anda dapatkan, bahkan bukan hanya baik bagi tubuh sendiri, melainkan juga kesehatan janin yang tengah dikandung, seperti meningkatkan kemungkinan bayi lahir normal, kemudian juga membuat badan Anda selalu segar meskipun tengah mengandung dan masih banyak lagi diantaranya. Namun juga harus diperhatikan jenis olahraga untuk wanita hamil yang tepat, sehingga bukan malam membuat resiko keguguran tinggi.

Berikut ini ada jenis-jenis yang bisa Anda lakukan selama masa kehamilan, diantaranya adalah:

Baca Juga: Ini Dia Jenis Baju Olahraga Untuk Wanita Muslimah Yang Lagi Hits

  1. Jalan kaki, bagi yang kurang senang banyak bergerak, apalagi jalan maka sekarang ini harus membiasakan sehingga nanti buah hati bisa lahir secara normal. Apalagi untuk kandungan yang sudah memasuki usia 8 bulan. Cukup dengan memanfaatkan waktu longgar di pagi hari, maka nantinya Anda bisa berjalan mengitari lingkungan sekitar sambil menikmati matahari pagi, banyak bukan manfaat yang tentunya bisa didapatkan.
  2. Renang, olahraga menyenangkan satu ini ternyata juga bagus dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, karena bisa memperlancar aliran darah bahkan membuat Anda semakin rileks. Dengan renang juga menghindari wanita yang tengah hamil mengalami dehidrasi, cukup dengan 30 menit saja, bisa dilakukan 1 kali dalam seminggu dan rasakan manfaatnya.
  3. Senam, tentunya bukan jenis senam aerobik apalagi zumba yang membutuhkan banyak tenaga, melainkan senam khusus yang dilakukan untuk wanita yang tengah hamil. Ada panduannya Anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan membeli DVD senam khusus ini atau mungkin datang mengikuti sejumlah pelatihan senam bersama dengan ibu-ibu hamil yang lainnya.
  4. Yoga, olahraga yang juga memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran ini adalah salah satu pilihan terbaik wanita yang tengah hamil, bahkan bisa menghindari sindrom sebelum melahirkan. Yoga bisa dilakukan dimana saja di dalam rumah, dengan panduan DVD atau buku senam.
  5. Peregangan, tak perlu jenis olahraga yang berat, Anda bahkan bisa melakukan peregangan saja atau pemanasan, paling dasar dalam olahraga, namun efeknya juga sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap lentur, ia dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika persalinan.

Olahraga untuk wanita hamil tersebut tak perlu dilakukan setiap hari, paling tidak 2 minggu sekali Anda sudah bisa rasakan manfaatnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply