5 Teknik Dasar Bermain Basket bagi Pemula

5 Teknik Dasar Bermain Basket bagi Pemula

Basket adalah salah satu cabang permainan olahraga yang banyak disukai oleh pria dan wanita. Olahraga ini termasuk salah satu olahraga yang menghibur karena sangat menantang, dan itulah kenapa olahraga ini kemudian di pertandingan menjadi salah satu ajang olahraga yang sangat terkenal di daratan hollywood. Berikut ini merupakan teknik dasar dalam permainan olahraga bola basket yang harus dipahami oleh seorang pemula.

5 Teknik Dasar Bermain Basket bagi Pemula

  • Permainan dilakukan oleh 2 Tim

Posisi pemain tentunya harus diatur dengan baik pada saat bermain olahraga ini. Itulah mengapa tim harus dipecah menjadi dua tim, sebab basket merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu dengan dua tim yang beranggotakan 5 orang pada masing-masing tim. Namun apabila setiap tim hanya beranggotakan 3 orang saja, maka permainan bisa dilakukan setengah lapangan saja. Anda harus memastikan bahwa jumlah pemain yang terlibat dalam olahraga ini adalah genap.

  • Ada Bola dan Ring

Bola dan juga ring menjadi dua kebutuhan utama saat Anda hendak bermain basket. Ukuran bola juga tidak boleh sembarangan, dan jaring yang digunakan juga adalah jaring yang bisa dilewati oleh bola. Ketinggian ring juga perlu ditentukan dan harus cukup menantang bagi para pemain. Biasanya untuk ring basket tingginya adalah 10 meter dengan diameter 18 inch dan papan plexiglass yang digunakan untuk memantulkan bola ketika menembak. Biasanya lapangan basket memiliki dua buah lingkaran, dimana panjang satu lingkarannya di setiap akhir lapangan adalah 94 kaki.

  • Mencetak Angka

Adapun angka yang dapat Anda cetak ketika bermain basket adalah 1-3 poin. Anda juga harus memerhatikan pelanggaran yang meliputi tembakan pelanggaran dengan masing-masing nilai satu poin dan perlu diambil dari garis lemparan bebas yang berjarak 15 kaki dari ring basket. Biasanya setiap terjadi pelanggaran selama proses menembak berlangsung, maka pemain akan diberikan antara 1 dan 3 lemparan bebas oleh wasit.

  • Mengoper Bola

Mengoper bola atau biasa disebut dengan passing merupakan cara untuk memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya dalam satu tim. Melalui posisi dan gerakan saat menggiring bola, Anda bisa memutuskan apakah mengoper bola pada rekan Anda ketika ia memiliki posisi yang baik untuk menyerang atau bisa digiring sendiri sambil Anda melihat peluang yang baik untuk mencetak angka dengan memasukkan bola ke ring lawan.

  • Mengoper secara Akurat dan Tajam

Operan yang baik dalam permainan basket adalah operan yang akurat dan tajam. Ada dua tipe operan yang biasa dilakukan dalam permainan ini, yaitu operan dada dan operan memantul. Operan dada biasanya operan yang digunakan pemain dengan memegang bola tepat pada bagian dada menggunakan kedua tangan. Kemudian dari depan dada itulah bola kemudian dilemparkan kepada rekan setim. Berikutnya yaitu operan memantul, operan ini merupakan operan yang paling umum dilakukan dalam permainan ini. Tidak jauh berbeda dari operan dada, namun bola dipantulkan ke lantai dan harus diterima oleh pemain yang ditargetkan menjadi penerima.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply