6 Manfaat Mempelajari Pencak Silat Bagi Pria Maupun Wanita

Bukan hanya olahraga taekwondo saja, salah satu jenis bela diri yang populer di dalam negeri, melainkan Indonesia sendiri juga punya bela diri khas yang tak kalah bagus. Diantaranya adalah pencak silat, tentunya tak asing dengan nama olahraga tanah air yang satu ini bukan, gerakan-gerakannya tak kalah dibandingkan dengan kung fu, taekwondo atau yang lainnya bahkan bukan hanya kaum adam saja yang sering memainkannya, melainkan sebagian besar juga dari kalangan wanita.

Pada dasarnya olahraga silat ini bukan salah satu jenis ilmu-ilmu bela diri yang banyak digunakan hanya sebagai cara untuk pintar bertarung. Lebih dari itu ia sebenarnya adalah sebuah olahraga yang juga sangat bagus untuk menyehatkan tubuh, dengan sering berlatih teknik-tekniknya manfaatnya tak kalah dibandingkan dengan jenis olahraga yang lainnya. berikut ini yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung, dengan melakukan lebih banyak gerakan, maka jantung tentunya akan berpacu kian cepat. sehingga aliran darah menuju bagian tubuh yang lainnya juga senantiasa lancar. Lebih sering memainkan olahraga yang satu ini membantu jantung untuk bekerja lebih optimal, Anda bisa mendapatkan jantung sehat.
  2. Untuk menurunkan berat badan, sebagian banyak diantara olahraga ini adalah menghasilkan gerakan-gerakan tertentu yang lincah, semakin sering Anda bergerak sudah pasti akan membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh, sangat baik bagi yang tengah menjalankan sebuah program penurunan berat badan.
  3. Untuk melindungi diri, salah satu alasan banyak diantara kaum hawa yang senang mengikuti olahraga silat karena memang sebagai bentuk perlindungan. Sekiranya terjadi tindak kekerasan atau pelecehan, maka mereka dengan mudah dapat melawannya sendiri.

    Baca Juga: 9 Manfaat Pencak Silat Untuk Kesehatan

  4. Membangun jiwa ksatria, bagi Anda yang memang ahli dalam pencak silat, hendaknya jangan hanya menyimpannya sendiri, melainkan juga dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Namun jangan gunakan jiwa ksatria tersebut untuk mencari masalah dengan orang lain, cukup sebagai bentuk pertolongan atau cara untuk menjaga diri.
  5. Membantu dalam membentuk tubuh menjadi lebih bagus, faktanya dengan sering berlatih silat, maka semakin banyak juga gerakan-gerakan baru yang harus Anda pelajari, manfaatnya sudah pasti sangat bagus di dalam membantu pembentukan tubuh menjadi lebih proporsional.
  6. Melatih sikat disiplin, kebanyakan diantara perguruan yang mengajarkan mengenai silat ini sendiri pastinya mewajibkan setiap anggotanya memiliki sifat disiplin, ketika telat datang sudah pasti akan dapatkan hukuman secara fisik. Jarang berlatih juga akan membuat Anda lupa dengan gerakan-gerakannya.

Sangat banyak bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pencak silat ini, namun jangan jadikan ilmu yang didapat membuat Anda menjadi sosok yang justru semakin sombong.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply