6 Peralatan Wajib yang Harus Dimiliki Sebelum Bermain Sepak Takraw

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang, tentunya juga dengan manfaat untuk menyehatkan tubuh, mulai dari olahraga sendiri atau individu hingga bersama dengan kelompok. Bagi para kaum adam sendiri salah satu olahraga yang sering dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah sepak bola dan sejenisnya, bahkan beberapa orang juga lebih senang memilih sepak takraw dibandingkan dengan bola, tentunya sudah tak asing dengan olahraga yang satu ini bukan.

Kenyataannya olahraga tersebut masuk dalam salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh anak muda. Lebih menantang karena memang ciri kas nya bola tidak boleh menginjak tanah atau lapangan, harus dilakukan dengan tendangan ke atas hingga bagian dada, bola dioper kepada pemain yang lainnya dengan cara yang sama. Begitu juga agar bisa memenangkan permainan, maka bola tersebut harus menembus pertahanan lawan hingga jatuh ke tanah atau lapangan mereka.

Bagi Anda yang hobby bermain sepak takraw hendaknya juga harus tau apa saja sarana bermain yang wajib untuk dimiliki, diantaranya adalah:

  1. Lapangan, sebuah media yang digunakan dalam bermain disini adalah sebuah lapangan, namun bukan lapangan bola, ia nampak seperti lapangan tenis yang dibatasi dengan sebuah net. Ukuran dari lapangan tersebut setidaknya harus 13,4m dan lebar 6,5 m.
  2. Net atau jaringan pengikat di bagian tengah lapangan, fungsinya adalah untuk memberikan batas mana lapangan sendiri dan juga lapangan lawan, bola yang masuk ke dalamnya tanpa bisa dihalau nantinya akan membuangkan angka.
  3. Jaring net, selain pembatas net saja, maka juga harus ada jaring yang digunakan untuk membatasinya, dengan ukuran panjang 20 m sedangkan lebarnya adalah 6 m.
  4. Jersey atau pakaian untuk permainan ini, sama halnya ketika Anda akan bermain bola, maka hendaknya juga harus ada seragam khusus yang digunakan untuk mengetahui mana anggota tim sendiri dan juga anggota lawan.
  5. Bola, bola untuk permainan ini tidak terbuat dari bahan karet seperti yang umumnya digunakan untuk bermain bola, melainkan dari bahan rotan dan terdapat rongga di bagian dalamnya. Bola ini sangat ringan sehingga memungkinkan Anda untuk memantulkannya ke bagian atas secara lebih mudah. Banyak dijual di toko olahraga.
  6. Sepatu, sepatu yang hendaknya digunakan juga harus nyaman, ringan sehingga memungkinkan Anda untuk menendang bola secara mudah. bisa mengandalkan sepatu yang bisa digunakan untuk bermain bola, pastikan juga dengan ukuran yang benar-benar pas sehingga memungkinkan kenyamanan ketika menggunakannya.

Setelah semua peralatan siap maka Anda dapat bermain sepak takraw bersama dengan teman, agaknya olahraga yang satu ini terbilang cukup unik dibandingkan dengan sepak bola atau juga futsal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply