7 Macam Olahraga Air yang Seru untuk Dicoba

7 Macam Olahraga Air yang Seru untuk Dicoba

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani adalah dengan olahraga. Kini telah banyak cabang olahraga yang bisa Anda geluti, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan di manapun, tidak hanya di daratan tetapi juga di udara bahkan di dalam air. Untuk olahraga di dalam air sendiri, banyak sekali jenisnya. Namun, 7 jenis olahraga air berikut paling direkomendasikan karena seru untuk Anda coba:

7 Macam Olahraga Air yang Seru untuk Dicoba

 

  • Kano

 

Kano merupakan jenis perahu kecil yang sempit dan pada umumnya bertenaga manusia tetapi juga memungkinkan untuk dipasang layar. Biasanya, kedua ujung kano berbentuk lancip dengan bagian atas yang terbuka. Meskipun begitu, bagian tersebut juga bisa diberi tutup.

 

  • Polo Air

 

Olahraga air ini dimainkan secara beregu yang terdiri dari 6 pemain dan seorang kiper. Polo air merupakan kombinasi dari renang, sepak bola, bola basket, dan gulat. Seperti halnya sepak bola, Sasaran permainan polo air ialah mencetak gol sebanyak-banyaknya.

 

  • Surfing

 

Umunya surfing atau selancar hanya bisa dilakukan di atas ombak yang tinggi. Olahraga air ini memerlukan sebuah papan khusus bernama papan selancar sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut memanfaatkan tenaga arus ombak yang ada di bawahnya agar bisa bergerak. Untuk arahnya sendiri bisa dikendalikan oleh peselancar.

 

  • Renang

 

Renang adalah olahraga yang tidak menggunakan gaya gravitasi bumi (non weight barring) karena berat badan Anda ditahan oleh air sehingga mengapung. Olahraga ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin menghindari resiko cedera fisik. Berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan membuat renang dianjurkan bagi ibu hamil, penderita obesitas dan gangguan persendian tulang (arthritis).

 

  • Snorkeling

 

Snorkeling atau skin diving (selam dangkal) merupakan kegiatan menyelam memakai alat-alat berupa masker selam dan snorkel. Snorkel ialah alat selam yang berbentuk huruf J dan diujung bawahnya dilengkapi pelindung mulut. Biasanya para penyelam melengkapi perlengkapan tersebut dengan alat bantu gerak kaki katak sebagai penambah daya dorong kaki. Snorkeling sendiri hanya dilakukan di permukaan air saja.

 

  • Diving

 

Jika Snorkeling hanya dilakukan di permukaan air, maka diving justru dilakukan di dalam air. Terdapat 2 macam diving meliputi:

 

  • Free Diving

 

Free diving atau selam bebas merupakan kegiatan menyelam tanpa bantuan alat-alat tertentu atau dengan menahan nafas selama beberapa waktu di dalam air. Oleh karena itu, Free diving yang hanya mengandalkan paru-paru lebih cocok bagi mereka yang mempunyai nafas panjang.

 

  • Scuba Diving

 

Scuba diving ialah kegiatan menyelam menggunakan alat bantu pernafasan berupa tabung udara. Berkat bantuan tabung udara tersebut, para scuba divers bisa lebih bebas beraktivitas di dalam air tanpa perlu menahan nafas.

 

  • Memancing

 

Mancing termasuk dalam olahraga, hobi, bahkan juga bisa dikategorikan sebagai pekerjaan atau profesi. Secara luas memancing diartikan sebagai kegiatan menangkap ikan di laut, sungai, danau, atau perairan lainnya dengan target seekor ikan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply