7 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Memiliki perut buncit seringkali dianggap tidak menarik. Selain itu, perut yang buncit juga dapat menjadi penyebab beberapa penyakit. Hal ini disebabkan perut yang buncit merupakan timbunan lemak. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan beberapa gerakan olahraga yang dapat membantu meratakan perut. Gerakan-gerakan ini sangatlah mudah. Anda tidak membutuhkan alat dan dapat dilakukan di rumah tanpa bantuan tenaga profesional. Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga mengecilkan perut yang dapat langsung anda coba. Yuk, simak!

1. Elbow Plank

Elbow Plank | olahraga mengecilkan perut
Elbow Plank | olahraga mengecilkan perut

Olahraga mengecilkan perut yang pertama adalah elbow plank. Gerakan ini sangat sederhana dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Hasil yang didapatkan juga sangat efektif. Tidak hanya melatih otot perut, olahraga mengecilkan perut yang satu ini juga dapat melatih stabilitas tubuh serta otot inti pada pinggang, perut, dan paha. Posisikan tubuh anda menghadap lantai. Kemudian letakkan kedua telapak tangan hingga siku di atas lantai. Angkat badan anda hingga posisi siku membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama 20-30 detik. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

2. Sit Up

Sit Up | olahraga mengecilkan perut
Sit Up | olahraga mengecilkan perut

Olaharaga ini merupakan yang paling sering dilakukan dan terbukti efektif sebagai olahraga mengecilkan perut. Anda dapat melakukannya sendirian atau dengan bantuan teman. Berbaringlah di atas matras, posisikan kedua telapak tangan di belakang kepala, angkat tubuh bagian atas sekuat mungkin. Lakukan gerakan ini 15 kali setiap harinya.

3. Leg Raise

Leg Raises | olahraga mengecilkan perut
Leg Raises | olahraga mengecilkan perut

Olahraga mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan melakukan workout yang berfokus pada pembentukan otot perut bagian bawah dan tengah. Berbaringlah di atas matras, angkat kaki dan posisikan tangan di belakang kepala. Angkat pinggul bersamaan dengan mengangkat kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali setiap hari.

4. Bicycle Crunch

Bicycle Crunches | olahraga mengecilkan perut
Bicycle Crunches | olahraga mengecilkan perut

Apabila dilakukan dengan cara yang benar, olahraga mengecilkan perut yang satu ini akan membantu anda memperoleh perut yang rata. Gerakan ini berfokus pada bagian obliques dan otot perut bagian bawah. Cara melakukannya tidaklah sulit. Anda cukup berbaring telentang pada matras dengan posisi tangan berada di belakang kepala. Kemudian angkat kaki anda dan bungkukkan tubuh bagian atas membentuk sudut 90 derajat. Lalu gerakkan siku kanan ke arah lutut kiri dan sebaliknya kemudian tahan selama 20-30 detik. Lakukan gerakan ini secara rutin, maka anda akan mendapatkan perut yang rata.

5. Hell Touch

Hell Touch Crunch | olahraga mengecilkan perut
Hell Touch Crunch | olahraga mengecilkan perut

Jenis olahraga mengecilkan perut buncit yang satu ini terbukti efektif membakar lemak perut apabila dilakukan secara rutin. Gerakan yang perlu dilakukan juga tidak begitu sulit. Berbaringlah secara telentang di lantai. Tekuk kedua kaki dengan posisi lutut menghadap ke atas. Angkat sedikit bahu anda kemudian sentuh tumit kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini sebanyak 3×15 setiap harinya.

6. Flutter Kick

Flutter Kick | olahraga mengecilkan perut
Flutter Kick | olahraga mengecilkan perut

Gerakan ini adalah salah satu gerakan olahraga mengecilkan perut di rumah yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Gerakan ini sedikit mirip dengan leg raise. Perbedaannya terletak pada gerakan mengangkat kaki secara bergantian. Caranya cukup mudah. Berbaringlah di matras dengan posisi lurus, letakkan kedua telapak tangan di bawah pantat, angkat kaki secara bergantian. Lakukan sebanyak 10-15 kali hingga anda terbiasa.

7. Bridge Opposite Arm Leg Crunch

Bridge Opposite Arm Leg Crunch | olahraga mengecilkan perut
Bridge Opposite Arm Leg Crunch | olahraga mengecilkan perut

Gerakan olahraga mengecilkan perut yang terakhir ini memiliki prinsip yang sangat sederhana. Anda hanya perlu mengangkat serta menurunkan tangan dan kaki dalam posisi membuka dan menutup secara bergantian. Berbaringlah dengan posisi telentang di atas matras. Tekuk kaki kiri dengan posisi lutut menghadap ke atas. Angkat kaki kanan ke atas secara tegak lurus. Kemudian angkat tangan kiri dan luruskan ke atas. Secara bersamaan, buka tangan kanan ke arah kanan dan tangan kiri ke arah kiri. Tahan dan rasakan otot perut anda, kembalikan tangan dan kaki ke posisi semula. Kemudian lanjutkan dengan tangan dan kaki sebelahnya. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali secara bergantian.

Nah, itulah tadi beberapa olahraga ringan yang dapat anda coba untuk mengecilkan perut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan tersebut secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mengkonsumi buah dan sayur serta minum air putih yang cukup, ya! Semoga berhasil!