Alasan Pencak Silat Indonesia Dikenal Dunia Internasional

Manfaat Dan Tips Dalam Olahraga Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang dikenal bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina hingga Thailand. Seni bela diri ini memang sangat unik dengan gerakan yang menyesuaikan dengan budaya tempatnya berada. Cabang olahraga satu ini, khususnya dari Indonesia kini mulai dikenal oleh masyarakat dunia, bukan hanya di Asia saja.

 Manfaat Dan Tips Dalam Olahraga Pencak Silat

Banyak alasan yang melatarbelakangi pencak silat dari Indonesia dikenal oleh dunia, diantaranya adalah:

 

  1. Perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi khususnya media perfilman, telah menjadi titik balik seni bela diri dari Indonesia ini dikenal luas oleh masyarakat dunia. Terdapat judul film yang di dalamnya merekam adegan olahraga ini. Oleh karenanya, seiring terkenalnya film tersebut, adegan olahraga yang dimainkan di dalamnya ikut dikenal luas. Sehingga berkat kepopuleran film, budaya Indonesia dapat ikut menjadi terkenal. Manfaat positif tersebut dapat menjadi inspirasi dunia perfilman khususnya Indonesia agar membuat film yang berbobot dengan nilai-nilai positif di dalamnya. Dengan demikian budaya Indonesia juga dapat diangkat dan dikenal dunia melalui media perfilman.

  2. Gerakan yang unik dan indah. Cabang seni bela diri ini tergolong memiliki gerakan yang unik namun tetap indah. Setiap daerah memiliki gerakannya masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Gerakan yang indah dapat menarik perhatian dunia yang mungkin masih asing dengan dunia bela diri.

  3. Filosofi. Bukan hanya gerakannya saja yang menampilkan keindahan dalam olahraga bela diri, tetapi juga filosofi yang terkandung di dalamnya pun lebih dahsyat bila diterapkan dalam kehidupan. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mendalami olahraga ini karena Anda juga akan memperoleh filosofi yang semakin dalam untuk Anda terapkan.

  4. Nilai spiritual. Di Indonesia, cabang seni bela diri ini terkadang dihubungkan dengan ilmu hitam karena orang telah menguasai teknik olahraga ini dengan maksimal bisa kebal terhadap benda tajam. Akan tetapi, anggapan tersebut ternyata tidak tepat. Dalam mempelajari bela diri ini, di dalamnya juga meliputi pendekatan diri dengan Tuhan dan penyatuan dengan alam. Penggunaan tenaga dalam yang tepat dan benar juga diajarkan melalui seni ini sehingga bisa kebal dengan benda tajam. Jadi korelasi bela diri ini dengan ilmu hitam terpatahkan.

Baca Juga : Manfaat Dan Tips Dalam Olahraga Pencak Silat

Berbagai alasan pencak silat Indonesia bisa dikenal dunia tersebut tidak bisa lepas dengan kekayaan budaya Indonesia yang memang telah lama dikenal dunia. Melalui perkembangan teknologi, akhirnya salah satu seni bela diri tersebut bisa terangkat dan dunia mengenalnya. Bukan hanya mengenalnya tetapi juga banyak dari mereka yang tertarik untuk mempelajarinya hingga memperoleh pelajaran berharga berupa nilai filosofi dan spiritual yang terkandung di dalamnya. Jadi, banggalah menjadi orang Indonesia yang memiliki kekayaan yang tiada tara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply