Anda Malas Olahraga? Waspadai 5 Akibat Berbahaya Berikut ini

Anda Malas Olahraga? Waspadai 5 Akibat Berbahaya Berikut ini

Penelitian Northwestern University menunjukkan bahwa olahraga merupakan cara terbaik mencegah kenaikan berat badan dan menjaga kinerja metabolisme tubuh yang sempurna. Berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Namun, banyak orang yang tetap malas melakukannya. Padahal, malas melakukan olahraga berdampak buruk pada kesehatan hingga pada taraf berbahaya. Apa saja? Simak informasinya berikut.

Anda Malas Olahraga? Waspadai 5 Akibat Berbahaya Berikut ini

Cepat Tua

Orang-orang yang malas untuk berolahraga akan lebih cepat mengalami penuaan. Karena Fakta menunjukkan bahwa kepadatan tulang a mereka yang rutin berolahraga lebih baik ketimbang yang tidak. Seiring penambahan usia, tubuh, otot dan tulang akan melemah dan tidak bekerja maksimal jika tidak dilatih. Olahraga secara rutin bisa mengeluarkan keringat sehat dan melemaskan kulit sehingga membuat Anda tidak cepat tua dan keriput.

Berat Badan Tidak Terkontrol

Dibandingkan diet, Anda lebih membutuhkan olahraga rutin untuk menjaga kestabilan berat badan. Bahkan pola diet sehari-hari bisa ditandai dengan rutin berolahraga. Khilaf makan saat diet juga tidak akan berdampak signifikan jika Anda melakoni olahraga rutin.

Depresi

American Journal of Preventive Medicine berpendapat bahwa orang yang tidak rutin berolahraga cenderung lebih mudah depresi daripada yang melakukannya secara rutin. Malas melakukan olahraga juga menyebabkan kecenderungan depresi atau mood swing. Karena ternyata saat berolahraga berarti Anda telah melepaskan hormon endorphine dan oksitosin yang setara dengan berhubungan intim. Sehingga dampak setelah melakukan olahraga ialah efek bahagia, senang dan gembira.

Mudah Sakit

Department of Health and Human Services, USA berpendapat bahwa mudah sakit juga menjadi salah satu dampak jika Anda malas berolahraga. Kinerja sel darah putih yang memiliki berfungsi melawan bakteri dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. Bukan hanya melemahnya imunitas tubuh, penyakit-penyakit akibat penumpukan lemak juga akan muncul pada tubuh yang tidak atau jarang bergerak.

Kematian Mendadak

Jurnal medis Lancet menyebutkan bahwa satu dari 10 kematian mendadak di dunia disebabkan karena malas olahraga alias kurangnya berolahraga. American Heart Association menunjukkan bentuk kepedulian melawan kemalasan berolahraga dengan menyarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30-60 menit dalam kurun waktu 3-4 kali seminggu.

Atasi Malas Olahraga Dengan ‘Mengakali’ Aktivitas Rutin Anda

Anda bisa mengakali beberapa hal dari aktivitas rutin untuk menjadikannya sebagai latihan pengganti olahraga. Misalkan:

  • Parkir kendaraan lebih jauh supaya tubuh bisa bergerak lebih sebelum akhirnya Anda pulang dengan berkendara.
  • Gunakan tangga dari pada lift. Terlebih jika kantor Anda berada di lantai 5, hal ini bisa menjadi salah satu bentuk latihan olahraga.
  • Hindari menitip makan dan Jangan malas keluar untuk membelinya sendiri. Keluar dan bergeraklah dengan membeli makanan sendiri agar tubuh tetap aktif meskipun waktu yang Anda habiskan lebih banyak duduk berhadapan dengan laptop.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply