Angkat Beban, Olahraga Pembentuk dan Penambah Massa Otot

Angkat Beban, Olahraga Pembentuk dan Penambah Massa Otot

Anda yang ingin membentuk dan membesarkan massa otot, sebaiknya memilih olahraga angkat beban. Dengan rajin menjalankan olahraga satu ini Anda juga bisa menurunkan berat badan serta bisa membantu mencegah dari serangan osteoporosis. Olahraga yang memanfaatkan kinerja otot ini memang cukup berhasil dan banyak membantu Anda yang memiliki tujuan membentuk otot.

Angkat Beban, Olahraga Pembentuk dan Penambah Massa Otot

Apabila Anda belum mengetahui cara kerja olahraga satu ini sehingga bisa membuat massa otot bertambah serta terbentuk, berikut uraiannya untuk Anda.

Luka Kecil yang Timbul pada Otot

Ternyata setelah melakukan olahraga angkat beban secara intens akan menimbulkan adanya luka kecil pada bagian serat otot. Luka kecil ini lama kelamaan akan menjadi banyak dan membuat otot kelelahan. Dari sinilah Anda harus melakukan proses penyembuhan yang dapat dipercepat dengan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Makanan ini harus Anda konsumsi setelah berlatih dan beberapa hari setelahnya yang kemudian akan membantu membentuk otot baru. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

Terjadinya Kerusakan Otot

Setelah luka, tidak menutup kemungkinan otot Anda akan rusak setelah menjalankan olahraga ini. Dari sinilah otot bisa berkembang karena akan memicu terjadinya proses penyembuhan. Tubuh secara langsung juga akan merespon dengan berusaha menyesuaikan diri agar mencegah terjadinya kerusakan yang sama

Membangun Otot Kembali

Setelah angkat beban, sel-sel otot yang mengalami kelelahan akan diperbaiki. Jika setelah berolahraga dari luka kecil kemudian terjadi kerusakan maka otot yang rusak tersebut akan diganti dengan yang baru. Saat proses membangun otot-otot baru ini, ia akan meningkatkan kekuatan, ukuran, dan kapasitas yang dimilikinya. Proses ini terjadi dengan adanya bantuan makanan yang dikonsumsi pencernaan yaitu protein. Oleh karena itu, Anda yang telah melakukan olahraga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein hingga hari-hari berikutnya.

Membentuk Asam Laktat

Angkat beban yang masuk ke dalam kategori olahraga berat ini mampu memberikan rangsangan pada tubuh untuk memproduksi asam laktat (limbah metabolisme tubuh). Ia berguna sebagai cadangan energi pada tubuh dimana akan dibakar saat tubuh benar-benar membutuhkan banyak energi yang dihasilkan dari pernapasan sel. Keberadaan asam laktat ini akan membantu Anda meningkatkan stamina guna melakukan olahraga dengan durasi lebih lama. Asam laktat yang terlalu banyak akan merugikan otot karena bisa membuat kelelahan dan nyeri yang teramat sangat pada otot.

Pompa Otot

Selama latihan, otot akan sering mengalami kontraksi yaitu saat menaikkan dan menurunkan beban. Kontraksi yang muncul akan memberikan tekanan pada pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir ke otot. Maka otot memiliki peningkatan tekanan darah yang dapat menyebabkan adanya kebocoran plasma darah. Kebocoran inilah yang akan membantu munculnya efek pompa yang membuat otot menjadi membesar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply