Apa Saja Sih Manfaat Bersepeda yang Perlu Diketahui?

manfaat bersepeda

Menjalankan olahraga dalam bentuk apapun tentu akan memberikan sangat banyak manfaat kepada pelakunya. Apalagi jika dilakukan secara teratur dan sudah berjalan cukup lama maka manfaat yang diberikan semakin terasa. Berolahraga bisa memilih yang paling mudah dijalankan, apakah waktunya, peralatan yang digunakan, dan sebagainya. Sehingga tidak harus angkat beban atau berlari di treadmill selama beberapa jam, sebab bisa mengambil manfaat bersepeda.

Kegiatan bersepeda termasuk ke dalam kategori berolahraga dan jika dilakukan sesering mungkin manfaat yang dipetik cukup luar biasa. Apa saja manfaat dari kegiatan bersepeda? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Melatih kekuatan kaki,

Mengayuh sepeda akan membantu mendapatkan kaki yang kuat dan bentuknya indah dalam satu kali kegiatan. Mengayuh sepeda secara rutin menuntut kaki bergerak secara berirama sebanyak mungkin sesuai jarak perjalanan yang ditempuh.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Sepatu Lari

Bagi pelakunya tanpa disadari kaki yang dimiliki akan semakin kuat sehingga tidak bermasalah jika berjalan kaki lumayan jauh. Kaki yang kuat juga memungkinkan orang tersebut bisa berlari bahkan mengikuti marathon tanpa kendala berat. Manfaat lainnya adalah membuat kaki lebih kencang, dan cocok bagi yang bermasalah dengan kaki yang berlemak. Terutama kaum perempuan yang akan lebih merasa bangga dan bahagia dengan bentuk kaki yang indah. Mendapatkannya tidak harus rajin ke gym dan keluar banyak biaya, cukup berangkat kerja atau kuliah dengan sepeda.

  1. Membuat jantung lebih sehat,

Mengayuh sepeda setiap hari meski hanya beberapa menit untuk sampai ke lokasi tujuan ternyata bermanfaat untuk melindungi jantung. Bagi siapa saja yang memiliki keluarga dengan penyakit jantung bisa mengambil manfaat bersepeda untuk upaya pencegahan. Mengayuh sepeda membuat tubuh bergerak secara optimal sehingga jantung berdetak lebih baik. Penyumbatan pada pembuluh darah baik oleh lemak maupun yang lainnya akan mudah luruh dari tubuh yang terus bergerak.

  1. Membantu mengontrol kadar lemak,

Memiliki masalah dengan berat badan memang bisa menjadi salah satu penyebab stress terutama yang sangat peduli dengan penampilan. Kegemukan akibat penumpukan lemak berlebih akan membuat penampilan terlihat kurang menarik. Belum lagi ada resiko terserang penyakit mematikan seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya. Berolahraga bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah terjadinya obesitas. Maka dengan rajin mengayuh sepeda pelakunya bisa mempertahankan berat badan yang ideal.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh,

Memanfaatkan sepeda untuk di kayuh setiap hari ternyata juga mampu membentengi tubuh dari serangan radikal bebas. Lewat kegiatan bersepeda akan menjadikan imunitas atau daya tahan tubuh semakin membaik. Manfaatnya adalah menghindarkan tubuh dari serangan beragam penyakit, dan yang paling terasa adalah penyakit musiman. Sebut saja sakit batuk, pilek, mata merah, herpes, dan penyakit musiman yang mudah menular lainnya. Menghindari kemungkinan jatuh sakit ternyata bisa dilakukan dengan kegiatan sederhana, yakni kegiatan bersepeda santai secara rutin.

  1. Melatih keseimbangan tubuh,

Belajar naik sepeda jauh lebih sulit ketimbang belajar naik sepeda motor sebab perlu melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. Jika sudah terbiasa mengayuh sepeda kemanapun hendak pergi maka keseimbangan tubuh akan terasah dengan baik. Manfaatnya adalah memberikan kekuatan otak untuk mengingat lebih tajam dan lebih cepat. Siapa sangka dengan kegiatan yang sepertinya jadul atau ketinggalan zaman dan mulai banyak yang meninggalkannya. Justru memberikan sejuta manfaat dibandingkan dengan kegiatan bepergian yang lebih modern. Hidup sehat dengan manfaat bersepeda bisa dijadikan gaya hidup sehat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply