Apa yang Dimaksud dengan Hiit Cardio?

Apa yang Dimaksud dengan Hiit Cardio?

Ada beragam jenis olahraga yang bisa bermanfaat untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan bagian tubuh tertentu seperti kardio. Kardio yang lemah bisa menyebabkan hal yang fatal misalnya jantung lemah yang menyebabkan Anda tidak bisa maksimal untuk beraktivitas. Cara paling mudah untuk menyehatkan kardio adalah dengan lari. Jika dilihat dari jenisnya, ada juga HIIT atau high intensity interval training serta low intensity steady state cardio untuk membakar lemak. Namun, apa itu HIIT CardioApa yang Dimaksud dengan Hiit Cardio?

 

HIIT atau high intensity interval training cardio merupakan suatu olahraga kardio yang dilakukan dengan intensitas tinggi yang dilakukan di dalam waktu yang singkat. Waktu yang dibutuhkan untuk olahraga kardio ini adalah sekitar 10-20 menit. Walaupun dilakukan dalam jangka waktu yang singkat, namun olahraga ini memiliki manfaat yang sama dengan 2 kali jenis latihan intensif sedang. 

Olahraga yang termasuk dalam HIIT cardio ini misalnya lari sprint, pilates, zumba yang dilakukan dalam periode yang singkat namun bisa membuat detak jantung menjadi meningkat lebih cepat. Metode ini disebut merupakan metode yang efektif tidak hanya untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung namun juga untuk membakar lemak. Pola olahraga yang dilakukan adalah dengan melakukan olahraga di intensitas yang sedang terlebih dahulu misalnya selama 5-10 menit kemudian berlangsung ke intensitas tinggi dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Untuk contoh HIIT yang bisa Anda lakukan saat Anda baru pertama kali adalah bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga otot tubuh Anda tidak kaku dan meminimalisir cidera otot misalnya kram. Anda bisa melakukan jogging terlebih dahulu selama 3 menit kemudian istirahat selama kurang lebih 2 menit sebelum Anda melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. 

Gerakan inti yang dan pendinginan untuk HIIT cardio, yaitu: 

  • Gerakan inti:
  • Jumping jack (1 menit) dengan posisi berdiri lalu melompat dengan kaki terbuka diikuti tangan lurus kemudian bertepuk di atas kepala.
  • Plank (30 detik): Posisikan tubuh di posisi push up, lalu tekuk lengan membentuk sudut 90o lalu tahan gerakan Anda.
  • Squat thrust (1 menit): Tubuh dalam posisi berdiri lalu jongkok lalu ke posisi push up, jongkok lalu berdiri kembali.
  • Plank (30 detik).
  • Squat jump (30 detik): Mulai di posisi berdiri, melompat jongkok lalu melompat berdiri kembali.
  • Ladder exercise (1 menit): Naik turun tangga.
  • Sit up (1 menit). Agar Anda bisa sit up dengan sempurna, minta teman untuk menahan kaki bawah Anda.
  • Pendinginan. Setelah Anda selesai melakukan gerakan inti, lakukan pendinginan untuk mengembalikan suhu tubuh secara perlahan. Lakukan kegiatan pendinginan dengan berjalan santai kurang lebih selama 3 menit.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply