Artikel Sejarah Pencak Silat

Sebagai seni bela diri yang cukup kuno, pencak silat mempunyai sejarah yang panjang dalam pengembangannya. Seni bela diri ini, berasal dari Indonesia. Dan kemudian dikenal sampai mancanegara seperti Filiphina, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand. Di Asia Tenggara, seni bela diri ini, cukup tenar dan populer. Banyak penggemarnya dan peminatnya.

Di Indonesia sendiri, pencak silat mempunyai organisasinya tersendiri yakni Ikpsi (ikatan pencak silat Indonesia) hal ini memungkinkan untuk mengenalkan seni bela diri tersebut ke dunia. Karena dengan mempunyai wadah seperti ikpsi, seni bela diri ini bisa dipantau dari segi pengembangan, infrastruktur sampai mencari bibit-bibit berbakat yang kelak akan mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam dunia persilatan. Kalau kita perhatikan, di Indonesia sendiri seni bela diri tradisional ini memiliki aliran-aliran yang khas di daerah masing-masing. Membuat seni bela diri ini, sangat kaya akan gerakan dan aliran. Di Jawa Tengah kita mengenal ada aliran merpati putih dan di Jawa Barat aliran seni bela diri tersebut, ada aliran cimande dan cikalong yang cukup populer bagi masyarakat Jawa Barat.

Kalau kita tilik kembali dalam sejarah dan banyak penelitian. Ternyata pencak silat mempunyai pengaruh pada khazanah kebudayaan China, budha dan hindu. Bahkan Islam juga turut mempengaruhi pencak silat.  Untuk mengangkat pamor seni bela diri klasik ini, Indonesia setiap empat tahun sekali mengadakan perhelatan seni bela diri tersebut bertaraf nasional, dalam Pekan Olahraga Nasional. Dalam perhetalan PON kita akan melihat banyaknya bibit-bibit berbakat dari nusantara, yang serius menekuni bidang ini. Sebagai seni kearifan lokal bangsa.

Banyak yang kita bisa petik dari olahraga satu ini, yakni bisa mengangkat nama bangsa Indonesia di mata dunia, juga bisa menjadi kekayaan bangsa yang terus dipelajari dari gerakannya sampai sejarahnya yang kaya akan nilai-nilai para leluhur nenek moyang kita. Untuk yang satu ini kita patut berbangga, karena kita mempunyai kekayaaan seni bela diri ini ketimbangan Negara-negara lainnya.

Dengan melihat sejarah di masa lampau. Kita bisa melihat, kalau para leluhur kita di masa lampau mempelajari gerakan-gerakan seni bela diri untuk mempertahankan dan melindungi dirinya juga keluarganya dari orang-orang jahat. Mereka mendapatkan inspirasi gerakan seni bela diri ini, dari harimau, burung elang, ular bahkan kera. Dan itu menunjukan sikap keharmonisan, akan sesama makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

Dalam sejarah persilatan di Indonesia,  kemungkinan besar penyebaran seni bela diri satu ini terjadi pada ratusan tahun lalu, diperkirakan abad 7 masehi. Tapi kita bisa melacaknya dari kerajaan-kerajaan yang pernah ada dan berdiri di Indonesia, kemungkinan besar mereka mempunyai para pendekar-pendekar yang tangguh di masanya.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply