Atlet Olahraga Indonesia yang Berhasil Mengharumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional

Atlet Olahraga Indonesia yang Berhasil Mengharumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional

Sebagai negara yang besar, luas, dan berpenduduk banyak, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam segala bidang. Salah satunya adalah bidang olahraga. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dilimpahi atlet-atlet yang berbakat di segala bidang olahraga. Dari banyaknya atlet olahraga yang Indonesia miliki, ada diantaranya yang paling berkesan dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Atlet Olahraga Indonesia yang Berhasil Mengharumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional

Susi Susanti, Badminton

Siapa yang tidak kenal dengan atlet badminton yang satu ini. Susi Susanti. Atlet kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 11 Februari 1971 ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Olimpiade Barcelona tahun 1992, dengan meraih medali emas pada cabang badminton Tunggal Putri. Selain itu, pada tahun 1996, Susi Susanti juga berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Atlanta. Atas prestasi tersebut, Susi Susanti diberikan penghargaan berupa Hall of Fame.

Taufik Hidayat, Badminton

Atlet yang satu ini juga berhasil mengharumkan bangsa Indonesia lewat kiprahnya di dunia badminton. Pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1981 ini mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2005. Di tahun tersebut Taufik Hidayat berhasil mengalahkan Lin Dan di babak final, dan merebut gelar juara dunia. Pemain tunggal putra ini berhasil memperoleh gelar juara dunia pada dua kejuaraan yang digelar bersamaan, yakni pada olimpiade serta pada kejuaraan dunia bulu tangkis. Atlet olahraga Indonesia ini sudah banyak kali menyumbang medali untuk Indonesia diantaranya pada Indonesia Terbuka, dan Piala Thomas dari tahun 1991 hingga 2008.

Chris John, Tinju

Cabang tinju Indonesia memang tidak terlalu banyak memiliki atlet yang cukup menonjol. Namun Yohannes Christian John, atau Chris John memberi angin segar sendiri dengan tercatat sebagai petinju ketiga yang berhasil menjadi juara dunia setelah Nico Thomas dan Ellyas Pical. Lahir pada tanggal 14 September 1979, kabarnya pria ini masih aktif dalam mengikuti turnamen tinju dunia.

Yayuk Basuki, Tennis

Atlet olahraga yang satu ini sangat popular di era tahun 90-an. Lahir pada tanggal 30 November 1970, Yayuk berhasil mencapai babak perempat final saat berlaga di ajang turnamen Grand Slam Wimbledon pada tahun 1997. Peringkat tersebut adalah yang tertinggi dan dikabarkan telah menghasilkan $1.645.049 sepanjang karirnya, sebelum memutuskan pensiun pada tahun 2004 silam.

Lisa Rumbewas, Angkat Besi

Sangat membanggakan bagi Indonesia memiliki seorang atlet muda wanita yang bertalenta seperti Lisa Rumbewas. Wanita kelahiran Jayapura, 10 September 1980 ini berasal dari keluarga yang memang berlatar belakang dunia angkat besi dan binaragawan. Pada Olimpiade Athena tahun 2004, Lisa berhasil merail medali perak dalam kategori angkat besi puteri kelas 53 kg, Grup A. Lisa juga berkesempatan untuk mewakili Indonesia pada Sea Games XXI dengan nomor 53 kg, serta Oimpiade Beijing tahun 2008 dengan total beban 206 kg.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply