Aturan Dasar untuk Olahraga Cabang Sepak Takraw

Ada banyak sekali cabang olahraga yang ada di dunia baik olahraga tersebut dimainkan dalam kejuaraan ataupun tidak. Salah satu cabang olahraga tersebut adalah sepak takraw yang merupakan penggabungan olahraga voli dan juga sepak bola. Dimana aturan dasar dari cabang olahraga ini adalah pemain tidak boleh sama sekali menyentuh bola dengan tangannya. Hal tersebut yang membedakannya karena sekilas olahraga ini akan dilihat seperti bola voli tetapi yang menjadi perbedaan yang mendasar adalah para pemain yang tidak boleh menyentuh bolanya ketika sedang dalam pertandingannya menggunakan tangan. Tetapi harus menggunakan kaki layaknya pada pertandingan sepak bola. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan dijabarkan beberapa aturan dasar untuk memainkan bola takraw.

  •  Jumlah pemain

Aturan pertama yang harus ditaati adalah jumlah pemain yang ada dalam pertandingan resmi bola takraw. Untuk jumlah pemainnya sendiri lumayan sedikit yaitu hanya empat orang saja, dimana tiga orang bermain di lapangan dan 1 orang akan menjadi cadangan sehingga berada di luar lapangan. Setiap orang akan mempunyai tugas dan posisi sendiri yaitu ada yang bertugas sebagai tekong, apit kanan, dan juga apit kiri. Untuk pemain tekong mempunyai tugas sebagai mengawali pertandingan, dan untuk mengumpan bola menjadi tugas dari apit kanan dan kiri.

  • Luas lapangan

Untuk luas lapangan sepak takraw ini adalah panjang 13,40 meter dan lebarnya 6,10 meter. Luas lapangan tersebut memang tergolong kecil terlebih untuk pertandingan dua tim dengan jumlah 6 pemain. Tetapi mengingat bermain bola takraw yang membutuhkan teknik lumayan susah dengan menggunakan kaki maka hal tersebut dapat untuk dimaklumi. Lapangan untuk bermain permainan ini sendiri dapat dibuat di dalam ataupun di luar ruangan. Tentunya dengan mengindahkan syarat-syarat lainnya ketika akan membuat lapangan untuk permainan bola takraw ini.

  • Tinggi net

Aturan dasar untuk bola takraw selanjutnya adalah tinggi net yang akan digunakan. Seperti telah dijelaskan di atas, jenis permainan ini mengadopsi permainan bola voli tetapi dengan teknik sepak bola. Sehingga net merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada di pertandingan bola takraw. Untuk tinggi net ini adalah 1,55 meter untuk pria dan net wanita 1,42 meter. Untuk lebar net tersebut adalah 70 meter dan panjangnya 6,1 meter.

  • Angka dalam pertandingan

Aturan dasar yang terakhir untuk pertandingan sepak takraw adalah cara menghitung angka. Dimana untuk angka kemenangan adalah 21 sehingga ketika tim pertama yang telah menjadi angka 21 maka ia dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini sendiri hanya mempunyai dua set saja sehingga setiap tim yang berhasil mempunyai dua angka dapat menjadi pemenang kecuali seri dan harus dilanjutkan dengan babak penentuan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply