Seputar Olahraga Sepak Takraw

Seputar Olahraga Sepak Takraw—sepak takraw merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki, kelenturan tubuh dan respon yang cepat dalam memainkannya. Olahraga ini bisa dibilang perpaduan unik antara bola voli dan sepak bola. Dimana untuk memainkannya bola hanya boleh dieksekusi menggunakan kaki ataupun kepala, persis seperti sepak bola. Sedangkan lapangan yang digunakan layaknya bola voli dengan net berada di tengah-tengah. Yang membedakan bola voli dan takraw adalah cara mengeksekusi bola. Dalam bola voli, bola dieksekusi menggunakan tangan. Sedangkan di takraw menggunakan kaki dan kepala.

Menurut sejarahnya, sepak takraw berasal dari kedua negara. Yaitu Malaysia dan Thailand. Ini dikarenakan asal kata sepak berasal dari Malaysia. Sedangkan kata Takraw berasal dari Thailand. Sepak takraw pertama kali dimainkan oleh Kesultanan Melayu pada abad ke 15, yang kala itu lebih dikenal dengan sepak raga.

Pada tahun 1866 Asosiasi Olahraga Malaysia mulai menyempurnakan peraturan-peraturan pertandingan olahraga sepak takraw. Yang kemudian berkembang pesat ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Di indonesia sendiri, sepak takraw mulai dikenal sejak tahun 1970 dengan diawali oleh kunjungan muhibah Malaysia dan Singapura yang kemudian memperkenalkan sepak takraw ini. Satu tahun kemudian yaitu pada tahun 1971, mulailah dibentuk induk organisasi resmi sepak takraw yang bernama PERSERASI yang beranggotakan 4 anggota. Yaitu Pengda Sulsesl, Pengda Sumut, Pengda Sumbar dan Pengda Riau. Dan pada tahun 1980 Indonesia mengadakan Kejuaran Sepak Takraw tingkat Nasional pertama dengan 14 tim yang turut serta.

Baca juga: Jenis Bahan Yang Baik Untuk Baju Olahraga

Berikut beberapa peraturan sepak takraw yang terbaru:

  • Ukuran lapangan sepak takraw adalah 13,40 m x 6,10 m
  • Ukuran net pria dan wanita berbeda. Untuk putra tinggi net di bagian pinggir adalah 1.5 meter dan bagian tengahnya minimal 1,52
  • Untuk net putri tinggi net di bagian tepi adlah 1.55 meter dan di bagian pinggirnya adalah 1.42 meter. Untuk kedudukan setiap tingginya sendiri, semuanya dibuat dengan ukuran yang sama baik. Putra maupun putri yaitu 30 cm di luar garis bagian pinggir.

Untuk netnya sendiri menggunakan benang yang suat semacam Nilon. Di setiap lubangnya sendiri memiliki lebar sekitar 6-8 cm, sedangakan untuk lebar net nya sendiri adalah 70 cm dengan memiliki panjang 6.1 m. Bola yang digunakan abiasanya dalah yang berjenis kayu rotan.  Dengan ukuran bola diameter 42-44 cm untuk putra dan putri sendiri memiliki diameter 43 hingga 45 cm. Bola sepak takraw sendiri mempunyai berat sekitar 170-180 gram dan untuk putra adalah 150-160 gram. Pada permainan sepak takraw ini 1 team terdiri dari 4 orang pemain. Dimana 3 pemain inti begrgerak sebagai Tekong, apit knan dan apit kiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply