Bagaimana Cara Push Up yang Benar? Ini Dia Langkah-langkahnya!

Bagaimana Cara Push Up yang Benar? Ini Dia Langkah-langkahnya!

Tubuh manusia diharuskan bergerak secara rutin dan mengeluarkan keringat demi membuat tubuh menjadi lebih sehat, kegiatan tersebut sering juga disebut sebagai olahraga. Dengan melakukan hal ini setiap hari di rumah, Anda tentunya bisa mendapatkan tubuh yang sehat serta bentuk tubuh yang terbilang bugar. Jenisnya pun ada berbagai macam, ada jenis olahraga yang tergolong ringan yang bisa Anda lakukan kapan pun dan dimana pun itu. Salah satunya adalah dengan melakukan push upMeski kegiatan ini paling sering dilakukan oleh para pria, namun wanita pun boleh melakukan jenis olahraga yang satu ini. Gerakan ini mengharuskan Anda untuk menumpu tubuh pada kedua lengan dan menimbulkan efek otot yang mengencang. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, maka Anda pun bisa merasakan kebaikannya. Berikut inilah beberapa manfaat dari melakukan gerakan olahraga yang sederhana namun menyehatkan ini:

Bagaimana Cara Push Up yang Benar? Ini Dia Langkah-langkahnya! 

  • Mengencangkan otot pada bagian tertentu, misalnya pada perut, dada dan juga kedua lengan Anda.
  • Mampu meningkatkan kepercayaan diri jika dilakukan dengan rutin. Lakukan setidaknya 50 hingga 100 kali untuk membuat Anda memiliki persepsi bahwa tubuh sehat dan kuat.
  • Membakar kalori yang banyak karena membutuhkan begitu banyak tenaga untuk melakukannya. Gerakan ini sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh menjadi ideal.

Selain itu, tahapan melakukan push up pun ada berbagai macam sesuai dengan kepiawaian Anda melakukannya, seperti:

  • Pemula

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin melakukan gerakan ini, maka Anda bisa memulainya di depan dinding yang datar. Tempelkan kedua tangan pada dinding tersebut, kemudian majukan badan ke dinding. Lakukan kegiatan ini sebanyak yang Anda bisa saja, jangan dipaksa dengan menggunakan hitungan. Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa memberikan tekanan di setiap gerakan yang dibuat, kemudian jika memungkinkan gunakanlah satu tangan saja.

  • Intermediate

Jika sudah terbiasa dengan tingkatan pemula, maka Anda bisa melanjutkannya ke tahap berikutnya, yakni intermediate. Disini, Anda akan memposisikan tubuh layaknya sedang melakukan gerakan tersebut yang sebenarnya, namun gunakan lutut sebagai tumpuannya. Posisikan kedua tangan menyentuh lantai hingga segaris dengan wajah, kemudian turunkan dada secara perlahan hingga mendekati lantai, kemudian kembalilah ke posisi semula. Lakukan kegiatan ini sekuat yang Anda bisa saja, jangan memaksanya.

  • Advanced

Untuk Anda yang sudah menyelesaikan kedua tahap sebelumnya, maka Anda bisa melanjutkannya ke tahap advanced. Disini, Anda akan melakukan push up tanpa menggunakan alas. Letakkan tangan di atas lantai sejajar dengan bahu. Tumpu dengan menggunakan jari kaki dan posisikan tubuh sehingga lurus secara sempurna. Ketika melakukannya, pastikan lengan membentuk siku dengan 90 derajat. Kemudian, dorong hingga lurus kembali dengan mengambil napas juga. Lakukan kegiatan ini pada pagi atau sore hari dan secara bertahap.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply