Beberapa Cara Latihan Taekwondo dan Manfaatnya Bagi Kesehatan  

Taekwondo adalah seni bela diri dari Korea yang dikenal sebagai olahraga nasional Korea dan sudah populer di dunia hingga dipertandingkan dalam sebuah Olimpiade. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak dan samping adalah yang paling banyak digunakan. Tendangan yang dilakukan mencakup tendangan melompat, berputar, skip dan menjatuhkan sering dalam bentuk kombinasi beberapa tendangan. Latihan ini cukup menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan tetapi pada umumnya tidak menekankan pergulatan.

 

Berikut adalah beberapa cara latihan seni bela diri ini di rumah diantaranya:

 

  • Poomsae atau rangkaian gerakan jurus, untuk melindungi diri dari gerakan lawan, beberapa gerakan diciptakan untuk pertahanan diri yang kuat dan gerakan poomsae banyak mengikuti filosofi gerakan yang berasal dari bangsa Korea.
  • Kyukpa atau pemecahan benda yang keras, tujuannya mengukur seberapa besar kemampuan dalam menentukan target sasaran secara tepat misalnya menggunakan batu bata, kayu berbentuk balok, genting dan benda lainnya.
  • Kyoruki atau pertarungan, teknik antara dua orang yang saling bertarung dalam menciptakan teknik serangan dan pertahanan diri. Jika di rumah dapat menggunakan beberapa media menyerupai samsak.
  • Kuda-kuda, merupakan dasar pondasi untuk melakukan penyerangan atau pertahanan diri dari serangan lawan. Walaupun gerakan sederhana dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh ketika menerima tebasan dan serangan dari lawan.

 

Selain itu juga perlu melatih gerakan pukulan untuk menyerang lawan dengan menitik beratkan pada kekuatan otot lengan. Taekwondo juga melatih tendangan kaki yang kuat, tepat dan seimbang sehingga akan menitik beratkan pada kekuatan otot kaki. Teknik tangkisan yaitu gerakan untuk menghalangi musuh saat menyerang dada dengan beberapa jenis gerakan seperti Eolgol Makki, Batang Son Makki, Hecho Makki, Sonnal Makki, Bakkat Makki dan lainnya.

 

Berikut adalah manfaat seni bela diri ini diantaranya:

 

  • Menyehatkan jantung, setidaknya 30 menit melakukan kegiatan ini akan membantu tubuh lebih segar dan fit untuk beraktivitas.
  • Melancarkan peredaran darah, otot-otot yang terlibat saat melakukan gerakan akan membuat peredaran menjadi terpacu.
  • Membantu menurunkan berat badan, jantung dipacu dan detaknya menjadi meningkat, sirkulasi darah meningkat dan otot-otot menjadi aktif membuat tubuh dipaksa untuk membakar kalori.
  • Membantu menjadi otot lebih kuat, menguatkan otot, tulang, tendon dan ligamen karena pembakaran lemak.

 

Selain diatas, juga dapat meningkatkan stamina karena otot lebih kuat dan jantung lebih aktif sehingga membuat tubuh tidak cepat mengalami kelelahan. Mampu meningkatkan kelenturan otot karena sebelum taekwondo biasanya melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot. Dapat juga meredakan stress karena termasuk olahraga yang melibatkan mental dan meningkatkan mood setelah melakukan olahraga ini. Dengan semakin rutin berolahraga ini maka mampu membuat gerak refleks tubuh semakin baik dan akan terhindari dari cedera.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply