Beberapa Teknik Dasar Olahraga Loncat Indah untuk Pemula

Berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang segar dan juga fit setiap harinya. Salah satunya yaitu olahraga loncat indah yang merupakan olahraga melompat dari atas papan menuju kolam renang. Untuk tinggi papan yang digunakan pun bervariasi bisa dari yang terendah yaitu 1 meter hingga 4 meter atau yang tertinggi sampai 10 meter. Olahraga ini merupakan gabungan dari lompatan dan juga olahraga renang, yang dinilai umumnya kelenturan atau keluwesan seseorang melakukannya. Di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang melakukan olahraga ini dan sudah sering mengikuti acara perlombaan internasional.

Untuk melakukan lompatan sendiri ada beberapa versi yang dapat dilakukan melalui papan loncat, berikut ini beberapa versi diantaranya:

  1. Perenang yang melakukan loncatan atau penerjunan ke depan dan dilakukan dari posisi semula yaitu dengan berdiri.
  2. Dapat juga perenang melakukan terjun menuju kolam renang dengan menggunakan bantuan holahop.
  3. Perenang melakukan terjun dengan menggunakan satu kaki saja.
  4. Perenang terjun ke kolam renan dari posisi awal yaitu dengan berlutut.

Itulah beberapa versi melakukan lompatan dari papan loncat hingga masuk kekolam renang, sebagai awal tentunya ada tahapan-tahapan yang dasar yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan lompatan. Berikut ini beberapa langkah atau proses melakukan loncat indah dan terjun kedepan yaitu:

Baca Juga: Serba Serbi Olahraga Loncat Indah Yang Perlu Diketahui

  1. Anda dapat meletakkan jari-jari kaki di pinggiran papan dengan posisi yang mencengkeram, Kemudian untuk tangannya bisa diletakkan pada bagian samping tubuh dengan lurus. Ini merupakan awal atau proses persiapan.
  2. Buat tangan dengan posisi melingkar dan juga bagian lutut ditekuk.
  3. Lakukan loncatan keatas dengan bagian tubuh paha diangkat.
  4. Mengarah pada titik 4 kaki yang jauh dari bagian tepian, lalu secara langsung buat tubuh posisi melingkar atau tekuk.
  5. Posisi dagu yang ditundukkan kebawah dan selanjutnya untuk kaki bisa diangkat.
  6. Posisikan tubuh yang tetap lurus dan masuk vertikal.
  7. Lengkungkan bagian tubuh, kepala dan juga tangan yang diangkat dan selanjutnya Anda bisa meluncur kebawah.

Itu teknik dasar melakukan sebuah loncatan dari depan, selain itu Anda juga dapat menggunakan beberapa versi loncatan lainnya misalnya dengan holahop. Jika Anda menggunakan alat bantu tentunya harus mempunyai kemampuan teknik yang lebih lagi. Jadi jangan sekali-kali mencoba melakukannya tanpa adanya teknik atau pengetahuan yang dimiliki. Sebagai seorang pelatih seharusnya memahami bagaimana cara yang tepat untuk atlet yang dilatihnya. Konsultasikan loncatan yang akan dilakukan dengan kemampuan, hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari berbagai macam bahaya atau resiko yang bisa timbul akibat melompat sembarangan. Jadi lebih baik pahami terlebih dahulu teknik-teknik dalam loncat indah sebelum akhirnya melakukan praktik penguasaan gerakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply