Beberapa Tips Mudah Belajar Menggunakan Sepatu Roda

Beberapa Tips Mudah Belajar Menggunakan Sepatu Roda

Sepatu roda atau rollerblade saat ini memang sangat populer di kalangan anak-anak hingga remaja. Penggunaan rollerblade akan lebih sering kita temui di daerah perkotaan, terutama kota-kota besar. Umumnya anak-anak maupun remaja yang menekuni olahraga yang satu ini bertujuan untuk menjadikannya hobi dan lifestyle. Namun akhir-akhir ini penggunaan rollerblade tidak hanya untuk olahraga serta lifestyle saja, tetapi juga sebagai sarana bermain anak-anak dan sarana rekreasi. Seperti kita lihat banyak sekali anak-anak maupun remaja yang bermain rollerblade saat weekend terlebih bisa kita lihat saat acara car free day berlangsung.

 Beberapa Tips Mudah Belajar Menggunakan Sepatu Roda

Melihat lincahnya anak-anak memainkan rollerblade dengan sangat lincah, tentu Anda juga tertarik bukan untuk memainkannya?. Jika Anda khawatir tidak bisa bermain karena tidak menguasai alat yang satu ini, sebaiknya tepis hal itu jauh-jauh mulai sekarang. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar Anda cepat mahir belajar menggunakan rollerblade. Untuk itu bisa disimak tips-tips berikut ini.

  • Memakai perlengkapan yang diperlukan.

Beberapa perlengkapan untuk mulai belajar menggunakannya adalah:

  • Sepatu roda, saat memakai roller blade bisa Anda lakukan dalam posisi duduk.
  • Kaos kaki, benda yang satu ini sangat diperlukan untuk melindungi kaki Anda dari resiko lecet saat jatuh dalam latihan.
  • Helm khusus, saat Anda masih belajar perlindungan pada area kepala juga sangat penting. Untuk itu penggunaan helm akan sangat tepat untuk menjaga dari kemungkinan cedera saat bermain.
  • Pelindung siku dan lutut, siku maupun lutut sering menjadi tumpuan saat terjatuh karena refleks gerak tubuh saat terjatuh selalu menggunakan tumpuan lutut maupun siku. Untuk itu gunakan pelindung siku dan lutut untuk pengamanan.
  • Berlatih keseimbangan.

Untuk bisa bermain rollerblade dengan lancar, Anda harus berlatih keseimbangan terlebih dahulu. Cara yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka kaki Anda hingga selebar bahu, lalu usahakan posisi kaki membentuk huruf V. Tempat berlatih keseimbangan yang bisa digunakan adalah di atas karpet atau di atas rumput. Hal ini bertujuan agar jika Anda tidak terjatuh di permukaan yang keras yang beresiko menimbulkan cedera. Melatih keseimbangan bisa Anda lakukan secara rutin agar cepat mahir menggunakan rollerblade.

  • Berlatih berjalan.

Jika Anda sudah mampu berdiri dengan seimbang, mulailah untuk berjalan secara perlahan-lahan. Pertama mulai melangkah dari kanan, kemudian ke kiri, ke kanan lagi, selanjutnya ke kiri, begitu seterusnya hingga Anda mulai nyaman berjalan dengan seirama. Untuk kecepatan bisa Anda tambah sedikit demi sedikit hingga mahir.

  • Belajar meluncur.

Langkah selanjutnya adalah belajar meluncur. Pertama kali posisi kaki Anda tetap seperti huruf V, kemudian satu kaki mendorong dengan posisi di belakang, satu kaki meluncur dengan posisi di depan.

  • Belajar berhenti.

Langkah terakhir Anda harus belajar cara menghentikan sepatu roda. Sepatu ini bagian kanan memiliki rem di bagian tumitnya. Untuk berhenti meluncur bisa dilakukan saat posisi sepatu berada sejajar satu sama lain. Untuk lebih detailnya, tempatkan sepatu sebelah kanan sedikit di depan sepatu kiri. Angkat kaki dari sepatu sebelah kanan, kemudian tekan dengan keras pada bagian tumit. Semakin tumit kaki ditekan, maka akan semakin cepat laju roda pada sepatu berhenti.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply