Beladiri yang Cocok Untuk Wanita

Kejahatan yang marak saat ini menjadi ancaman bagi setiap orang yang keluar rumah termasuk untuk kaum wanita. Apalagi kondisi minimnya pengawasan keamanan di jalanan juga membuat para wanita yang pulang malam atau jalan sendirian rawan menjadi korban kejahatan. Agar tetap merasa aman saat bepergian sendirian, tidak ada salahnya kaum wanita membekali diri dengan beladiri. Berikut adalah beberapa beladiri yang cocok untuk wanita :

  • Tae Kwon Do

Tae Kwon Do merupakan salah satu olahraga beladiri yang populer di dunia. Olahraga yang berasal dari Korea ini jika diartikan berarti “seni menendang dan meninju”. Tae Kwon Do memiliki beberapa teknik penting untuk mempertahankan diri. Ilmu bela diri ini cocok untuk wanita karena lebih fokus pada menendang. Pria memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang lebih besar dibanding wanita, dan ini bisa membuat wanita lebih rentan kalah jika bertarung dengan pria. Dengan teknik tendangan Tae Kwon Do, wanita bisa mengalahkan kekuatan pria.

  • Aikido

Olahraga yang berasal dari Jepang ini, mengajarkan keterampilan untuk membalikkan kekuatan lawan dan melumpuhkan mereka. Pemanfaatan kekuatan lawan pada Aikido, sangat cocok untuk para wanita yang mayoritas lebih lemah daripada pria. Beberapa teknik aikido berupa teknik elakan, kuncian, lemparan hingga bantingan. Bagi Anda para wanita, tidak ada salahnya memilih seni bela diri yang satu ini.

  • Kempo

Olahraga ini menekankan pada gerakan halus. Awalnya, Kempo merupakan seni bela diri yang dipelajari oleh para Biksu. Seni beladiri ini melarang penggunanya untuk membunuh, menyakiti, ataupun menyerang lawan terlebih dahulu. Karena itulah bela diri ini lebih banyak menggunakan permainan tangan untuk bertahan. Olahraga ini pun banyak dipertandingkan secara nasional dan internasional, sehingga Anda pun dengan mudah menjumpai tempat latihan Kempo di kota sekitar anda.

  • Krav Maga

Merupakan seni bela diri yang dimiliki oleh sistem pertahanan diri dari pasukan Israel. Para wanita bisa mendapat keuntungan dari Krav Maga karena sistem ini membantu penggunanya untuk menyeimbangkan fungsi mental dan fisik mereka ketika sedang dalam penyerangan.  Krav Maga bisa memberikan kekuatan pada wanita untuk melindungi diri mereka sendiri melawan situasi berbahaya. Seni bela diri ini mengajarkan penggunanya untuk menggunakan berbagai bagian tubuh seperti siku dan lutut yang bisa menjadi senjata jika diperlukan.

  • Brazilian Jiu Jitsu

Bela diri yang berasal dari Brazil ini fokus pada teknik bergulat dan menjatuhkan lawan. Teknik bergulat yang ditawarkan oleh seni bela diri ini bisa bermanfaat bagi wanita. Kekerasan seksual serta penyerangan biasanya terjadi di darat dan wanita seringkali jatuh ke tanah. Brazilian Jiu Jitsu sangat cocok membantu wanita untuk mempertahankan diri dalam keadaan terjepit atau terjatuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply