Berbagai Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh

Berbagai Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat pasti menjadi keinginan semua orang. Dengan tubuh yang sehat segala aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Agar memiliki tubuh yang sehat dan terus terjaga pola hidup sehat harus diterapkan sehingga berbagai macam penyakit dapat dihindari. Salah satu poin penting agar bisa menjalankan pola hidup sehat adalah makan makanan sehat dan bergizi sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan maksimal.

Berbagai Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh

Berikut adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi makanan sehat:

  1. Kekebalan tubuh meningkat. Dengan memaksimalkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Makanan yang dianjurkan adalah buah dan sayur yang mengandung berbagai nutrisi penting terutama vitamin. Vitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga dapat menghindari berbagai macam penyakit.
  2. Berat badan dapat diturunkan. Bagi Anda yang masih memiliki berat badan yang berlebih, Anda dapat menurunkannya dengan menerapkan pola hidup sehat ini. Buah dan sayur sangat disarankan bagian Anda yang sedang menjalani program diet. Kalori dan lemak yang rendah pada buah dan sayur membuat berat tubuh Anda akan lebih cepat turun.
  3. Tekanan darah dapat dikendalikan. Penerapan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Bila Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, maka resiko penyakit lainnya dapat menyerang seperti jantung, stroke, gagal ginjal dan penyakit-penyakit lainnya. Maka, agar tekanan darah Anda normal dan terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut, maka konsumsi makanan yang sehat bernutrisi seperti buah dan sayur. Buah dan sayur yang disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi adalah yang mengandung potassium tinggi seperti semangka, pir, pisang, pepaya, sukun, markisa, kurma, alpukat, seledri, labu, ubi jalar, kentang dan kedelai.
  4. Pencernaan menjadi lancar. Proses metabolisme tubuh yang lancar akan membantu tubuh Anda tetap sehat. Agar metabolisme tubuh bisa lancar, salah satu caranya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi terutama makanan yang banyak mengandung serat alami.
  5. Mencegah kanker. Penyakit yang ditakuti oleh semua orang ini dapat dicegah dan bahkan bisa diobati dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jenis makanan yang disarankan adalah buah yang berwarna merah atau ungu karena mengandung likopen dan antosianin yang tinggi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat menjadi penangkal bagi radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Baca Juga:Makanan Sehat Untuk Orang Yang Sedang Gym

Dengan berbagai manfaat makanan sehat tersebut, tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsinya setiap hari. Makanan yang sehat memang banyak terkandung dalam buah dan sayur sehingga bila Anda tidak menyukai kedua bahan makanan tersebut, mulai dari sekarang cobalah untuk menyukainya. Dengan demikian Anda akan memperoleh tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply