Berbagai Manfaat Olahraga Memanah yang Tak Diduga

Memiliki tubuh yang sehat menjadi keinginan setiap orang. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar bisa memiliki tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga secara rutin. Banyak orang yang pergi ke gym atau sekedar jogging mengelilingi kompleks untuk bisa menjaga ketahanan tubuhnya. Namun, ada beberapa cabang olahraga lain yang kebanyakan orang melihatnya hanya sebelah mata. Padahal olahraga tersebut sebenarnya sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan juga mentalnya. Salah satu olahraga tersebut adalah olahraga memanah.

Memanah adalah salah satu cara bertahan hidup manusia pada zaman dahulu. Dengan memanah mereka bisa mendapat hasil buruan yang mereka inginkan agar bisa makan setiap harinya. Namun, di era modern saat ini, memanah tidak lagi digunakan sebagai media berburu melainkan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan diri dan juga berolahraga. Banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga memanah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu ini, antara lain:

Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Tubuh harus selalu bisa bekerjasama dengan baik agar kegiatan sehari-hari bisa berlangsung dengan baik pula. Dengan melakukan olahraga memanah Anda bisa melatih bagian tubuh Anda berupa mata dan tangan untuk saling bekerjasama dengan baik. Memanah membutuhkan kerjasama yang lekat dari mata dan tangan. Menempatkan anak panah pada busur serta ketajaman melihat sasaran membuat kedua bagian tubuh ini harus bisa saling berkoordinasi.

Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari

Tangan dan jari jemari adalah bagian vital dalam olahraga memanah. Bagian ini tidak boleh kaku agar anak panah bisa mulus melesat pada sasaran yang disediakan. Dengan olahraga ini Anda bisa meningkatkan fleksibilitas dari tangan dan juga jari Anda.

Baca Juga  Manfaat Olahraga Menembak Ternyata Juga Tak Kalah Dengan Yang Lainnya

Membangun  kekuatan tubuh

Tubuh bagian atas menjadi penting dalam olahraga ini. Anda harus menarik busur dan menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu, dan juga punggung. Tekanan ini biasanya dilakukan beberapa saat sebelum anak panah dilepas. Oleh karena itulah olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh terutama pada tubuh bagian atas.

Meningkatkan fokus

Pada olahraga ini, fokus adalah menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.  Konsentrasi dan juga timing yang pas untuk melepaskan anak panah sangat berpengaruh pada setiap hasil yang akan Anda dapatkan. Sasaran kecil dan juga jarak yang cukup jauh menjadikan Anda harus selalu fokus dalam memanah. Hal inilah yang menjadikan memanah bisa meningkatkan tingkat kefokusan yang Anda miliki.

Banyak hal lain yang bisa Anda dapatkan dari olahraga memanah. Dengan latihan yang tekun dan bekerja keras. Segala manfaat bisa Anda ambil dengan melakukan olahraga ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply