Berbagai Manfaat Olahraga Renang untuk Anak-anak

Olahraga merupakan salah satu cara yang banyak dipilih manusia untuk meningkatkan kesehatannya. Banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan mulai dari yang paling sederhana seperti lari hingga olahraga permainan yang memerlukan banyak orang. Salah satu dari jenis olahraga yang cukup digemari oleh siapa saja adalah olah raga renang. Banyak anak-anak mengikutkan dirinya untuk kursus olahraga renang agar dapat mahir melakukan berbagai atraksi di kolam renang bahkan sungai dan laut. Apa saja sebenarnya manfaat olahraga renang bagi anak-anak? Berikut ini adalah penjelasannya.

Olahraga renang mengajarkan siapa saja untuk dapat menaklukkan air sehingga bisa berjalan dan bernafas di dalam air. Dengan kemampuan seperti itu Anda bisa menggunakan media air untuk berpindah tempat dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal ini pastinya sangat berguna pada saat terjadi musibah seperti kapal tenggelam, banjir, hingga musibah lain yang terjadi di kolam renang. Bagi Anak-anak sendiri, belajar berenang sejak dini dapat membantu pertumbuhannya terutama untuk tulang karena berenang secara efektif bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan.

Berenang memerlukan tehnik pernafasan yang teratur dan berirama sehingga manfaat olahraga renang lainnya adalah dalam sistem pernafasan. Para atlet renang memiliki paru-paru yang kuat dan terlatih sehingga tidak mudah terkenang penyakit di saluran pernafasan. Anak-anak yang belajar berenang juga belajar tentang tehnik bernafas baik di dalam ataupun di atas air. Selain pernafasan, kelenturan dan kelincahan baik badan dan anggota gerak dilatih untuk dapat mengapung di air. karenanya anak yang belajar berenang akan menjaga pola makan sehingga berat tubuhnya tetap ramping untuk dapat mengapung dengan mudah.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Surfing

Selain berbagai manfaat di atas masih ada manfaat lainnya bagi anak-anak yaitu:

  • Melatih kedisiplinan baik cara bernafas, jadwal berlatih, hingga kegigihan untuk tetap berlatih meski sulit.
  • Membentuk tubuh menjadi proporsional dengan tinggi badan yang baik.
  • Memberi kegiatan yang positif.
  • Memberi perlindungan dari bahaya yang bisa saja terjadi akibat air.
  • Dapat membantu orang lain yang memerlukan di dalam air.

Itulah berbagai manfaat olahraga renang yang bisa didapatkan oleh anak-anak yang mengikuti kursus renang ataupun yang sudah mahir berenang. Berenang juga merupakan keahlian yang sangat baik dimiliki siapa saja sehingga dianjurkan untuk dipelajari sedari dini. Gerakan renang yang menggerakkan seluruh anggota badan juga baik untuk melunturkan lemak, kolesterol dan racun-racun di dalam tubuh jika dilakukan secara rutin. Namun sebaiknya bagi anak yang belum bisa berenang dengan baik, jangan biarkan untuk belajar sendiri tanpa adanya pengawas atau mentor karena bisa berbahaya jika terpeleset di kawasan air yang cukup dalam. Dampingilah putra-putri Anda belajar renang atau daftarkan di kursus renang yang kini banyak dibuka di mana saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply