Berbagai Menu Sehat untuk Menjaga Stamina Sebelum, Selama, dan Sesudah Bertanding Basket

Berbagai Menu Sehat untuk Menjaga Stamina Sebelum, Selama, dan Sesudah Bertanding Basket

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Salah satu olahraga bergengsi yang diminati kawula muda adalah basket. Sama seperti olahraga yang lainnya, olahraga yang satu ini juga membutuhkan tenaga untuk setiap gerakan yang dilakukan pemainnya. Asupan gizi pemain olahraga ini menjadi sangat perlu untuk diperhatikan agar ia tidak merasa lemas saat menjalankan pertandingan.

Berbagai Menu Sehat untuk Menjaga Stamina Sebelum, Selama, dan Sesudah Bertanding Basket

Pentingnya Makan Bagi Pemain Bola Basket

Pemenuhan asupan gizi yang tepat akan membantu pemain bola basket dalam menambah kekuatan otot tubuhnya serta selalu memeliharanya. Jika dilihat secara lebih mendalam, kebutuhan pemain olahraga ini sama seperti asupan gizi orang pada umumnya yaitu terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, protein, air, dan serat yang semuanya harus seimbang.

Hal yang membedakan makanan dari atlet olahraga ini adalah pengaturan makan yang cukup ketat yaitu sebelum, selama, dan sesudah bertanding. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah yang untuk menjaga kondisi fisik maupun psikis pemain agar tetap stabil dan bisa tampil prima saat bertanding. Kebutuhan kalori pemainnya lebih tinggi, pengaturannya pun harus sesuai dengan karakteristik pemain yang bisa dilihat dari beberapa hal berikut seperti status gizi, umur, dan periode latihan atau pertandingannya.

Makanan Ideal untuk Pemain Bola Basket

Pentingnya pengaturan gizi bagi seorang atlet olahraga ini, membuatnya harus mendapatkan perhatian ketat terhadap menu yang dikonsumsinya baik sebelum pertandingan, selama pertandingan, dan seusai bertanding. Berikut referensi menu yang bisa Anda terapkan.

Makan Pagi dan Makanan Ringan

Pemain bisa diberikan sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga staminanya tetap kuat terjaga sebelum memulai rutinitas. Menu yang bisa dipilih seperti roti gandum dengan telur maupun pisang yang disandingkan dengan susu berkadar lemak yang cukup rendah. Untuk pemain olahraga ini juga disarankan agar mengonsumsi makanan ringan beberapa jam setelah sarapan agar tetap kuat dalam beraktivitas.

Makan Siang dan Makanan Ringan

Disarankan agar atlet bola basket menyempatkan makan sebelum bertanding dengan jarak waktu kurang lebih tiga atau empat jam sebelum pertandingan. Menu makan siang yang dipilih yaitu yang mengandung karbohidrat dan protein seperti dengan mengonsumsi gandum dicampur brokoli, kembang kol, dan wortel. Anda bisa mengonsumsi makanan ringan yang rendah serat dan kalori namun tinggi karbohidrat satu atau dua jam sebelum pertandingan dimulai. Menu makanan ringan bisa berupa pisang dengan susu rendah lemak atau roti gandum dengan selai.

Makan Malam

Makan sesudah pertandingan berfungsi untuk memulihkan otot. Anda bisa makan makanan ringan 30 menit setelah bertanding, lalu Anda bisa mengonsumsi makan malam dengan jarak tiga sampai 4 jam setelah makan makanan ringan. Menu sehat makan malam untuk pemain basket diantaranya adalah ayam, kentang, salad tumis, kacang polong, dan segelas susu rendah lemak. Sangat disarankan untuk Anda tetap menjaga cairan di dalam tubuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply