Berbagai Mitos-Mitos Olahraga Lari yang Harus Anda Ketahui

Berbagai Mitos-Mitos Olahraga Lari yang Harus Anda Ketahui

Olahraga merupakan salah satu aktivitas wajib guna menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan kapan pun, dimanapun dan tidak mengeluarkan banyak budget adalah lari. Olahraga lari memberikan banyak manfaat bagi seseorang yang rajin melakukannya, manfaat olahraga ini yakni mengurangi tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan kadar kolesterol.

Berbagai Mitos-Mitos Olahraga Lari yang Harus Anda Ketahui

Meskipun olahraga lari memberikan banyak manfaat, namun terdapat beberapa anggapan atau mitos yang berkembang di masyarakat padahal tidak seharusnya dipercaya karena hal tersebut salah besar. Berikut ini 6 mitos yang salah besar dan tidak seharusnya Anda percaya diantaranya:

Berlari Tanpa Alas Kaki akan Lebih Sehat

Ada mitos yang beredar bahwa berlari tanpa alas kaki akan membuat Anda lebih sehat karena mendapatkan refleksi alami saat bersentuhan langsung dengan tanah. Tetapi ketika Anda tidak memakai alas kaki justru akan meningkatkan cidera pada kaki misalnya tanpa sengaja Anda menginjak pecahan kaca sehingga kaki Anda akan terluka. Selain hal tersebut, akan memaksa tekanan otot dan sendi semakin bekerja lebih keras.

Pemanasan Sebelum Lari

Sebelum melakukan olahraga memang disarankan untuk pemanasan tubuh terlebih dahulu. Namun tidak semua olahraga membutuhkannya termasuk olahraga lari. Hal ini diungkapkan oleh asisten professor kesehatan dari University Of Nebraska yakni Tamra Liewellyn yang menyatakan bahwa tidak semua jenis lari membutuhkan pemanasan terlebih dahulu, misalnya saat Anda akan beraktivitas lari atau jogging dengan intensitas yang lambat.

Hasil Maksimal jika Dilakukan Setiap Hari

Rutin melakukan olahraga lari memang akan mendatangkan berbagai manfaat, namun jangan lakukan hal ini setiap hari karena justru akan menimbulkan masalah kesehatan. Ketika Anda berolahraga, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup, sehingga jika ingin menjadikan lari sebagai rutinitas Anda maka lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Lari Hanya untuk Anak Muda

Olahraga berlari dianggap sebagai olahraga yang cocok untuk anak muda saja, namun faktanya olahraga ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan para orangtua yang menginginkan tubuh yang sehat dan bugar serta berjiwa anak muda yang selalu bersemangat.

Lari Berbahaya bagi Kesehatan Lutut

Banyak mitos yang dipercaya masyarakat awam bahwa olahraga lari akan menyebabkan masalah pada kesehatan lutut. Sedangkan beberapa penelitian sudah menyatakan bahwa rajin berlari akan menyebabkan ligamen dan tulang akan semakin kuat dan padat. Olahraga ini tidak dianjurkan bagi seseorang yang menderita osteoporosis dan obesitas karena akan memperparah kesehatannya,

Kram Kaki Dikarenakan Dehidrasi dan Kekurangan Elektrolit

Kram Kaki mungkin akan sering Anda alami ketika melakukan aktivitas berlari. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang siap bukan dikarenakan kekurangan natrium dan kalium bahkan dehidrasi. Jadi, mulai dari sekarang jangan mudah percaya dengan mitos-mitos di atas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply