Cabang Olahraga yang Menyumbang Medali Terbanyak untuk Indonesia di SEA Games

SEA Games merupakan pesta olahraga untuk kawasan Asia Tenggara yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Baru-baru ini SEA Games 2017 diadakan di Malaysia dan baru saja berakhir. Untuk juara umum adalah sang tuan rumah Malaysia yang mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam yang memegang posisi di tiga besar. Indonesia sendiri harus puas dengan ada di posisi kelima dan membawa pulang 38 medali emas, 68 medali perak serta 90 medali perunggu dari beberapa cabang olahraga.

Dari total 191 medali yang berhasil didapatkan oleh Indonesia itu, ada beberapa cabang olahraga yang mampu menyumbang medali terbanyak. Berikut ini ulasannya:

  • Olahraga renang

Olahraga renang menjadi penyumbang terbanyak untuk medali di SEA Games 2017 ini dengan mampu memberikan 4 medali emas, 11 medali perak serta 10 medali perunggu. Dari 25 medali itu, salah satunya adalah didapat I Gede Siman Sudarta yang mampu memecahkan rekor di SEA Games pada gaya punggung 50 meter. Empat medali telah mampu Ia sumbangkan. Hebat bukan?

  • Cabang atletik

Selanjutnya ada cabang atletik yang mampu memborong 5 medali emas, 7 medali perak serta 3 medali perunggu. Untuk kelima medali emasnya mampu dihasilkan dari ragam nomor tetapi jalan cepat 20 meter memberikan kesan tersendiri karena Hendro Yap mampu mencatatkan rekor di SEA Games kemarin. Setelah berjalan 1 jam dengan 32 menit dan 11 detik menjadikan rekor tercepat sepanjang sejarah di SEA Games. Membanggakan sekali.

  • Pencak silat

Untuk olahraga pencak silat ini memang sempat diwarnai dengan kecurangan saat ganda putra Indonesia yang bertemu tanding dengan Malaysia. Namun ternyata Indonesia sendiri mampu membuktikan jika bisa tetap ada di tiga besar klasemen pencak silat akhir. Dengan adanya 2 medali emas, 4 medali perak serta 9 medali perunggu yang ditotal menjadi 15 medali maka sudah cukup memuaskan hasilnya.

Baca Juga: Aturan Dasar Untuk Olahraga Cabang Sepak Takraw

  • Ski air

Di cabang ski air, ternyata Indonesia mampu memborong medali terbanyak dengan 2 medali emas, 7 medali perak serta 6 medali perunggu. Tetapi Malaysia dan Singapura lebih unggul karena perolehan emasnya yang lebih banyak.

  • Karate

Meski memang Indonesia tidak mampu terjun dengan kekuatan penuh di karate karena tim putri yang gagal ikut serta, namun tetap saja prestasi Indonesia membanggakan karena mampu membawa pulang 3 medali emas, 3 medali perak serta 7 medali perunggu. Totalnya ada 13 medali dan sama jumlah dengan yang dimiliki Malaysia.

Itulah sekilas tentang cabang olahraga yang mampu menyumbang banyak medali ketika SEA Games 2017 kemarin. Pencapaiannya bisa dibilang sudah amat baik dan bukan tidak mungkin di SEA Games selanjutnya Indonesia yang akan jadi juara umumnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply