Cara Memilih Sepatu Lari Yang Paling Nyaman

Berlari merupakan salah satu olahraga yang ekonomis dan menyehatkan. Perlengkapan utama dalam olahraga ini adalah sepatu. Ketepatan dalam pemilihan sepatu akan menentukan kualiats gerak dan peforma pelari. Sebagian besar saat anda berlari akan menghentakan kaki di tanah dengan tekanan yang sekitar 3 hingga 5 kali berat badan. Maka dari itu dalam memilih sepatu harus dengan tepat, karena dapat memperkecil resiko cidera saat kita berlari dan membuat berlari dengan nyaman. Jadi ada hal-hal yang anda perlu perhatikan adalah sebagai berikut;

 

Pilihlah sepatu lari dengan bantalan empuk

Manfaat bantalan empuk pada sepatu lari adalah memberikan kenyaman dalam berlari. Selain itu resiko cidera juga semakin sedikit dibandingkan dengan berbahan keras.

Berat badan

Berat badan pelari menentukan benturan antara kaki dengan permukaan yang harus diredam oleh sepatu. Jika berat anda diatas normal maka lebih baik menggunakan sepatu lari dengan bantalan lebih tebal dibanding sepatu normal.

Kelenturan sepatu

Sepatu lari yang lentur akan membuat kaki lebih nyaman dan mengurangi resiko cidera. Sehingga pastikan saat membeli titik lentur sepatu, yaitu bagian sepatu yang akan menekuk saat kita pakai berlari dan cobalah sepatu saat berjinjit ini memastikan sepatu ini cukup lentur atau tidak.

Sesuaikan sepatu lari dengan bentuk kaki

Bentuk kaki pada masing-masing orang akan berbeda. Pada umumnya ada tiga bentuk kaki yang anda harus pahami;

  • Normal pronation (Normal Arc) adalah bentuk kaki memiliki sudut kelengkungan yang normal pada sisi dalam kaki saat menampak pada permukaan. Bentuk kaki ini cocok menggunakan sepatu yang dikenal dengan stability shoes atau semi curved shoes dimana memiliki sedikit sudut dibagian tengah dan bantalan yang lebih tebah sehingga akan stabil saat berlari.
  • Over pronation (low arc) adalah bentuk kaki yang memiliki sudut kaki kelengkungan yang kecil. Pelari dengan bentuk kaki ini cenderung akan menekuk kaki ke arah luar dibandingkan bentuk kaki normal. Sepatu yang cocok dengan bentuk kaki ini motion control yang memiliki ciri memiliki bantalanekstra tebal, sol bagian bawah dibuat dari bahan yang keras seperti karbon yang gunanya menambah kestabilan saat berlari.
  • Uner pronation (high arc)

Baca Juga :Manfaat Lebih Menggunakan Sepatu Lari

Pada bentuk kaki ini tekanan paling besar terletak pada tumit dan depan kaki. Sepatu yang pas untuk bentuk kaki ini adalah neutral shoes dimana sepatu ini memiliki bantalan empuk dibagian depan kaki dan tumit untuk menekan tekanan besar pada bagian tersebut. Batalan yang dipakai umumnya berbahan ethylene vinyl acetate (EVA)

Ukuran lebih besar

Carilah sepatu yang setengah ukurannya lebih besar dari ukuran kaki sebenarnya. Sepatu ini akan meminimalisir kelecetan, memberikan ruang bagi kaki mengembang saat, dan ada ruang yang cukup saat kaki tegang.

Itulah beberapa tips untuk menentukan sepatu untuk lari yang tepat agar terhindar dari cidera. Semoga bisa berkenan untuk para pecinta lari dimanapun berada.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply