Cara Olahraga Jalan Pagi yang Benar untuk Manula

Memiliki orang tua yang telah berusia lanjut memang memerlukan perhatian Anda yang lebih banyak dibandingkan ketika mereka masih berusia lebih muda. penurunan kondisi fisik bahkan daya ingat membuat mereka lebih memerlukan bantuan dan bimbingan Anda sebagai anak dalam berbagai hal termasuk dalam mengupayakan kesehatannya. Banyak kegiatan yang dulunya dapat dilakukan dengan baik secara mandiri kini harus dilakukan dengan pengawasan orang lain, salah satunya adalah berolahraga. Manula yang umumnya memiliki masalah kesehatan tetap harus melakukan olahraga sesuai dengan kondisinya agar tetap bisa melatih kemampuan motoriknya. Sedangkan cara olahraga yang baik tentu sangat dipengaruhi oleh jenis olahraga dan kondisi manula tersebut.

Salah satu olahraga yang tetap bisa diikuti oleh manula adalah berjalan santai pada jarak tertentu. Manula yang sudah kesulitan untuk melakukan olahraga lain bisa berjalan-jalan meski menggunakan bantuan tongkat atau Anda sebagai sandaran untuk tetap melatih otot kaki dan tangan. Namun ada cara-cara yang harus diperhatikan agar olahraga jalan pagi ini tidak malah membuat kondisinya memburuk. Berikut ini adalah cara melakukan olahraga jalan sehat di pagi hari yang benar untuk para manula:

Baca Juga: 10 Tips Dan Cara Olahraga Yang Aman Dan Tepat

  • Tidak perlu dilakukan di luar rumah jika memang tidak memungkinkan. Bisa dilakukan di halaman rumah yang terkena sinar matahari.
  • Penggunaan alas kaki perlu dilakukan terutama di jalanan yang tidak rata.
  • Alas kaki bisa dilepaskan jika jalan pagi dilakukan di lantai yang bersih dari kerikil.
  • Bagi manula yang kesulitan berjalan, maka menggunakan alat bantu seperti tongkat sangat disarankan.
  • Jarak yang ditempuh harus sesuai dengan kondisi. Jangan paksakan berjalan panjang jika kondisi manula tidak memungkinkan. Berjalan santai bisa dilakukan hanya dengan memutari rumah saja.

Cara olahraga jalan santai di pagi hari bagi manula juga sebaiknya dilakukan tidak terlalu sering atau lama sesuai dengan kondisi manula tersebut. Ada manula yang masih kuat berjalan lama dengan rute yang panjang, namun ada juga yang hanya bisa memutari rumah di pagi hari. Perbedaan tersebut cukup wajar dan normal sehingga tidak perlu disamakan atau dipaksakan.

Penting sekali untuk mengajak manula berolahraga dengan cara olahraga yang benar karena mereka umumnya sudah tidak memiliki daya tahan tubuh yang maksimal. Melakukan olahraga yang membuat mereka capek justru bisa berakibat buruk bagi kesehatannya sehingga tujuan dari olahraga para manula hanyalah agar sendi dan otot tidak menjadi kaku dan kerja jantung juga sedikit demi sedikit tetap dilatih. Melakukan olah raga di pagi hari juga bertujuan agar mereka mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk tulang karena umumnya manula memiliki kondisi tulang yang sudah tidak begitu baik karena dimakan usia.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply