Cara Olahraga untuk Membuat Tubuh Semakin Lentur

Sebagian banyak diantara manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda melakukan cara olahraga yang benar memang untuk meraih kebugaran dan juga kesehatan tubuh, namun sebenarnya tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah untuk dapatkan kelenturan badan. Sebagian banyak diantara Anda mungkin sering kali mengalami rasa sakit pada bagian pinggang, kaki, atau bahkan bagian punggung jika melakukan suatu gerakan-gerakan tertentu.

Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya bagian tubuh Anda tidak lentur. Ketidak lenturan tubuh ini nyatanya juga menyebabkan beberapa resiko cidera ketika Anda tengah melakukan beberapa gerakan olahraga yang ekstrim. Untuk itulah ada baiknya bagi yang ingin dapatkan kelenturan maka mulailah untuk mencoba dengan hal-hal yang paling sederhana ketika tengah melakukan olahraga.

Berikut ini ada beberapa cara olahraga yang benar bagi Anda untuk dapatkan tubuh yang lebih lentur dibandingkan dengan sebelumnya, diantaranya adalah:

Baca Juga: Tips Olahraga untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang

  1. Quad stretch, jenis olahraga yang pertama bisa membuat tubuh menjadi semakin lentur adalah yang satu ini. Anda hanya perlu menekuk kedua lutut, kemudian tulang kering menyentuh bagian lantai. Ayunkan bagian kaki kanan kedepan dengan jarak hingga 90 derajat, olahraga yang satu ini bisa dilakukan perlahan, namun juga dengan durasi paling tidak 15 menit, awalnya mungkin sakit namun semakin lama Anda akan lebih terbiasa. Sehingga tubuh akan kian lentur.
  2. Bridge with leg reach, tekuk lutut Anda hingga mendapatkan posisi 90 derajat, sementara tangan lurus pada bagian lantai. Posisi telapak kaki menjajak lantai. Ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih lentur. Lakukan secara berkala dengan mengangkat kaki kanan semakin tinggi kemudian diturunkan, lakukan terus menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Seated trunk twist, Anda bisa duduk dengan tegap di lantai, kemudian posisikan kaki rapat memanjang ke bagian depan. Putar bagian tulang rusuk ke arah kanan. Kemudian putar sebaliknya, majukan secara berkala, kegiatan yang satu ini dilakukan dengan menenangkan bagian otot perut untuk dapatkan hasil yang maksimal. Cukup dengan 15 menit saja lakukan setiap harinya.
  4. Butterfly stretch, duduk di lantai tegap dengan posisi bagian kaki yang menekuk ke dalam lutut seperti ketika akan bersila, satukan kedua telapak kaki kemudian genggam dengan tangan Anda. Perlahan dapat memajukan tubuh ke bagian depan sejauh yang Anda bisa, lakukan secara terus menerus, tahan hingga 2 menit.

Bagi yang belum terbiasa maka cara olahraga untuk lenturkan tubuh ini akan terasa menyakitkan, namun lama kelamaan tubuh Anda justru akan semakin terbiasa, tentunya dengan manfaat yang sangat baik untuk membuatnya tetap dalam kondisi yang sehat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply